Logo
sandwich generation
lifestyle
5 Tips Kelola Keuangan dengan Bijak untuk Generasi Sandwich
Photo: Shutterstock

ZIGI – Mengelola uang menjadi suatu tantangan terbesar bagi generasi sandwich. Mereka yang ‘terjebak’ dalam generasi ini harus menghidupi orang tua sekaligus anak. 

Tak hanya untuk orang yang sudah menikah, generasi sandwich ditujukan kepada mereka yang mempunyai tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan hidup finansial kelurga. 

Oleh karena itu, seseorang yang terjebak dalam generasi ini, harus pintar dalam mengelola keuangan agar tak terlalu merasa terbebani. Lantas bagaimana caranya? Berikut beberapa tips untuk kelola keuangan dengan bijak, yang dilansir dari laman The Balance pada Kamis, 1 Juli 2021. Yuk simak!

1. Jangan Melupakan Dana Pensiun

Photo : Shutterstock

Meskipun harus bertanggung jawab untuk memfasilitasi finansial keluarga, kita harus tetap menabung dana pensiun. Setiap mendapatkan penghasilan, selalu sisihkanlah uang.

Dana pensiun adalah salah satu tujuan finansial jangka panjang yang dapat digunakan untuk menyokong kehidupan pribadi di masa yang akan mendatang, tanpa membebani generasi berikutnya di kemudian hari. Lakukanlah secara konsisten, agar kita dapat memutus rantai generasi sandwich.

2. Membantu Orang Tua Mengembangkan Dana Pensiun

Photo : Shutterstock

Sebagai seorang anak, kita harus membantu orang tua dalam mengembangkan dana pensiun. Membicarakan masalah keuangan dengan orang tua masih dianggap tabu. Namun penting untuk didiskusikan. 

Dengan mempersiapkan dana pensiun untuk orang tua, dapat meringankan beban biaya di masa depan. Buatlah catatan pengeluaran tersendiri untuk dana pensiun orang tua. Tanyakanlah kepada orang tua, berapa dana yang bisa kamu bantu pada setiap bulannya. Dengan merencanakan pendapatan pensiun, seseorang dapat menghindari menghabiskan uang dalam waktu yang singkat. 

3. Memberikan Asuransi Kesehatan

Photo : Shutterstock

Asuransi adalah salah satu cara untuk mendanai perawatan orang tua dalam jangka panjang. Semakin memasuki usia lanjut, kekuatan fisik manusia cenderung menurun. Salah satu yang paling dikhawatirkan dalam mengelola keuangan, ketika kamu tak bisa menanggung biaya perawatan orang tua saat jatuh sakit.

Apalagi biaya rumah sakit yang tidaklah murah. Maka dari itu, kamu dapat memberikan asuransi kesehatan untuk orang tua. Pilihlah asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. 

4. Persiapkan Dana untuk Pendidikan

Photo : Shutterstock

Tak hanya biaya kesehatan saja yang harus dipersiapkan, kamu juga harus membuat rencana biaya pendidikan untuk anak. Mempersiapkan dana untuk pendidikan merupakan tujuan perencanaan keuangan dalam jangka panjang.

Setiap tahunnya, biaya pendidikan terus meningkat. Perencanaan pendidikan bukanlah sekedar menabung saja, tapi membantu keadaan finansial di masa yang akan datang. 

5. Penetapan Dana Darurat

Photo : Shutterstock

Dana darurat sangat penting dipersiapkan oleh setiap orang, khususnya kamu yang sedang terjebak generasi sandwich. Menyiapkan dana darurat bukanlah suatu hal yang mudah. Apalagi banyak kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dulu. Belum lagi harus mempersiapkan dana pendidikan dan asuransi kesehatan.

Meski demikian, dana darurat wajib dimiliki oleh seseorang. Kita tidak tahu akan ada peristiwa apa yang terjadi di masa depan. Dana ini akan sangat bermanfaat saat menghadapi keadaan darurat. Dengan adanya dana darurat, tak akan membuat kamu harus mengeluarkan uang yang banyak secara tiba-tiba. 

Itulah 5 cara mengelola keuangan dengan bijak untuk generasi sandwich. Semoga tips finansial di atas bermanfaat untuk sobat Zigi.id ya!

  • Editor: Anabel Yevina
Recommended
Ilustrasi

8 Jenis Risiko Investasi yang Perlu Diketahui

  • 23 Juli 2021, 07:22 WIB
Risiko investasi adalah istilah keuangan yang tak sesuai dengan harapan. Ada 8 jenis risiko investasi patut diketahui.
Ilustrasi

6 Langkah Mudah Membuat Anggaran Pribadi

  • 21 Juli 2021, 17:31 WIB
Berikut langkah-langkah membuat anggaran pribadi untuk membantu mengelola keuangan setiap bulan agar tidak boros.
Ilustrasi

5 Cara Memperbaiki Kondisi Keuangan Setelah Overspending

  • 21 Juli 2021, 07:00 WIB
Overspending merupakan tindakan menghabiskan uang terlalu banyak dalam waktu singkat. Mulai catat pengeluaran harian.
Ilustrasi

4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pakai Paylater, Awas Terjebak!

  • 19 Juli 2021, 09:00 WIB
Sebelum gunakan fitur paylater, lebih baik perhatikan 4 hal ini agar untung dan keuangan tetap sehat.
Ilustrasi

4 Rekomendasi Tempat Menyimpan Dana Darurat Untuk Pemula

  • 18 Juli 2021, 09:00 WIB
Dana darurat penting diterapkan oleh setiap orang. Berikut empat rekomendasi tempat terbaik untuk menyimpan dana darurat.
Ilustrasi

7 Cara Mudah Menghasilkan Passive Income di Tahun 2021

  • 18 Juli 2021, 08:00 WIB
Berikut 7 cara mudah untuk mendapatkan passive income, sehingga kamu bisa menambah pundi-pundi kekayaan di tahun 2021.
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS