Logo
Ilustrasi
lifestyle
5 Solusi Atasi Rasa Takut untuk Mulai Investasi
Photo: CGTN

ZIGI – Investasi adalah suatu proses dalam mengumpulkan dana, untuk mendapatkan keuntungan di kemudian hari. Banyak keuntungan lainnya yang dapat dirasakan masyarakat.

Namun, sebagian orang merasa takut untuk memulai investasi karena berbagai alasan. Ada yang takut gagal, takut salah memilih, hingga takut kehilangan uang.

Apakah kamu salah satu orang yang takut untuk memulai investasi? Jika jawabannya ya, maka berikut solusi untuk atasi rasa takut ketika mulai investasi. 

1. Mencari info lebih dalam

Photo : shutterstock

Rasa takut biasanya muncul karena faktor ketidaktahuan dalam berinvestasi. Untuk mengatasi rasa takut, maka carilah info terkait investasi lebih dalam. Jika kamu masih awam, kamu dapat mencari istilah dalam investasi di berbagai situs terpercaya atau buku dari pakar keuangan. Selain itu, kamu pun dapat bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman dalam investasi. 

Jangan lupa untuk melakukan riset jenis instrumen investasi, agar mengetahui jenis instrumen apa yang cocok untuk kamu. Setelah mengetahui jenis instrumen, kamu perlu mengenali profil risiko diri serta risiko pada masing-masing produk investasi. Cari tahu juga terkait detil mekanisme atau proses investasi, agar kamu tak salah mengambil langkah. Sebelum memulai investasi, penting utamakan riset terlebih dahulu ya.

2. Konsultasi dengan para profesional

Photo : shutterstock

Jika masih ragu untuk berinvestasi, kamu dapat bertanya kepada para profesional yang kamu percayai. Mintalah saran terkait jenis instrumen yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, tanyakanlah hal-hal yang tidak kamu mengerti. Dengan bantuan profesional, kamu pun akan mendapatkan pencerahan untuk memulai investasi.

Para profesional dapat membantu kamu dalam merencanakan strategi dalam berinvestasi sehingga kamu tak akan merasa ragu dan khawatir. Jangan pernah sungkan untuk menanyakan suatu hal yang ingin ditanyakan. 

3. Ubah pola pikir

Photo : shutterstock

Rasa takut investasi muncul karena pola pikir yang negatif. Maka dari itu, ubah pola pikir negatif terkait investasi pada rencana untuk memulai investasi. Dengan begitu pola pikir negatif dapat teralihkan. Sebaiknya kamu terlebih dulu menetapkan tujuan investasi sehingga kamu pun mulai menyusun rencana untuk investasi.

Misalnya, kamu tertarik investasi untuk membeli rumah di kemudian hari. Maka kamu akan mencari jenis investasi apa yang cocok untuk membantu membeli rumah. Setelah mempunyai tujuan dan rencana, jangan lupa untuk memulainya. 

4. Jangan percaya mitos

Photo : shutterstock

Banyak informasi tidak valid yang beredar di masyarakat terkait investasi. Informasi tersebut dianggap sebagai suatu kebenaran. Beberapa mitos yang sering dipercayai masyarakat antara lain investasi berisiko tinggi, investasi membutuhkan modal besar, investasi untuk kaum intelektual hingga investasi hanya untuk orang kaya. Maka dari itu, janganlah percaya kepada informasi yang tidak dapat divalidasi. Jika terus mendengar mitos, maka rasa takut dalam investasi pun semakin meningkat. 

5. Investasi dengan nominal kecil

Photo : shutterstock

Jika takut berinvestasi karena nominal besar, mulailah investasi dengan nominal kecil. Perlu diketahui bahwa modal untuk investasi sangat beragam. Kamu dapat menyesuaikan jenis investasi sesuai dengan kemampuan. Kini terdapat beragam pilihan jenis investasi dengan nominal yang minimum, salah satunya investasi emas. Kamu dapat membeli emas dimulai dari harga Rp5.000. Anggaplah modal untuk belajar biar kamu semakin mengerti berbagai instrumen investasi.

  • Editor: Anabel Yevina
Recommended
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce terus mengampanyekan kepada generasi milenial tentang apa pentingnya investasi.
Ilustrasi

8 Jenis Risiko Investasi yang Perlu Diketahui

  • 23 Juli 2021, 07:22 WIB
Risiko investasi adalah istilah keuangan yang tak sesuai dengan harapan. Ada 8 jenis risiko investasi patut diketahui.
Ilustrasi

6 Langkah Mudah Membuat Anggaran Pribadi

  • 21 Juli 2021, 17:31 WIB
Berikut langkah-langkah membuat anggaran pribadi untuk membantu mengelola keuangan setiap bulan agar tidak boros.
Ilustrasi

5 Cara Memperbaiki Kondisi Keuangan Setelah Overspending

  • 21 Juli 2021, 07:00 WIB
Overspending merupakan tindakan menghabiskan uang terlalu banyak dalam waktu singkat. Mulai catat pengeluaran harian.
Ilustrasi

4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pakai Paylater, Awas Terjebak!

  • 19 Juli 2021, 09:00 WIB
Sebelum gunakan fitur paylater, lebih baik perhatikan 4 hal ini agar untung dan keuangan tetap sehat.
Ilustrasi

4 Rekomendasi Tempat Menyimpan Dana Darurat Untuk Pemula

  • 18 Juli 2021, 09:00 WIB
Dana darurat penting diterapkan oleh setiap orang. Berikut empat rekomendasi tempat terbaik untuk menyimpan dana darurat.
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS