5 Penyebab Terjadinya Bruntusan di Wajah Menurut dr. Richard Lee - Lifestyle ZIGI.ID
Logo
Ilustrasi breakout
lifestyle
Ilustrasi breakout
Photo: shutterstock
Ilustrasi breakout

ZIGI – Bruntusan menjadi masalah kulit yang paling sering dialami baik wanita maupun pria. Penampilan permukaan kulit wajah yang bruntusan, bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang. Menurut dr. Richard Lee banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang bruntusan, salah satunya kulit tak tahan dengan pengobatan tertentu.

Untuk mengatasi bruntusan yang terjadi pada wajah, kamu perlu mengetahui faktor penyebab bruntusan sebelum mengobatinya. Apa saja penyebabnya? Berikut lima penyebab bruntusan yang diungkapkan oleh dr. Richard Lee dalam kanal YouTubenya. Yuk simak!

1. Penggunaan Krim Abal-abal 

image
Photo : shutterstock

Di pasaran, krim abal-abal semakin laris karena mengklaim dapat mengatasi berbagai masalah kulit dalam waktu yang singkat. Tak heran banyak masyarakat yang tergiur dengan promosi tersebut. Penggunaan krim abal-abal dapat menyebabkan wajah menjadi bruntusan. Krim abal-abal sendiri menggunakan kandungan merkuri yang mengandung merkuri dapat merusak skin barier sebagai lapisan terluar kulit.

Selain itu, jika ada oknum yang menyalahgunakan kandungan steroid, asam retinoat, dan hidrokuinon hingga salah cara pakainya, justru membuat pertahanan kulit terluar menjadi rusak. Cara mengatasinya adalah berhenti menggunakan krim abal-abal, kemudian pergi ke dokter untuk mengobati bruntusan tersebut. 

2. Kebersihan Kulit Tidak Terjaga

image
Photo : shutterstock

Banyak masyarakat yang tidak menjaga kebersihan kulitnya dengan baik, seperti memegang wajah saat tangan kotor, tidak mencuci wajah, tidak melakukan double cleansing, tak pernah menjaga kebersihan rambut dan membuatnya menempel pada sarung bantal, serta jarang mengganti sarung bantal dan guling. Pada dasarnya, bruntusan dapat terjadi akibat kelenjar minyak yang tersumbat karena seseorang tak menjaga kebersihan kulit wajah. 

Untuk mengatasinya, kamu harus melakukan double cleansing, di mana kamu harus membersihkan wajah dengan dua tahap pembersihan. Pertama, bersihkan wajah dengan micellar water atau cleansing oil. Setelah itu, gunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan kondisi kulitmu. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan rambut, karena rambut yang kotor bisa menempel pada kulit wajah. 

3. Salah Penggunaan Produk Skincare

image
Photo : shutterstock

Walaupun kamu sudah menggunakan produk skincare yang terdaftar di BPOM, namun salah penggunaannya maka bisa menyebabkan wajah menjadi bruntusan. Misalnya, penggunaan krim malam di pagi hari atau melakukan eksfoliasi setiap hari sehingga menimbulkan reaksi, hal tersebut tidak diperkenankan.

Untuk cara mengatasinya, gunakan produk skincare sesuai dengan petunjuk pemakaian. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara pemakaian skincare. Gunakan produk skincare sesuai dengan dosis yang dianjurkan dan jangan menggunakan produk skincare secara berlebihan. 

4. Hormonal

image
Photo : shutterstock

Hormonal adalah salah satu penyebab bruntusan yang tak kunjung hilang. Untuk cara mengobati bruntusan karena faktor hormonal, kamu harus menghindari stres, makan yang teratur, dan menjaga konsumsi obat. Selain itu, cari tahu penyebab hormonal yang bermasalah terlebih dulu. Jika kalian mengetahui penyebab hormonal, maka kamu dapat mengatasi bruntusan yang kamu alami. 

5. Eksfoliasi ringan

image
Photo : shutterstock

Biasanya bruntusan terjadi karena eksfoliasi ringan, dimana seseorang menggunakan krim yang mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acid). Biasanya bruntusan akibat penggunaan AHA akan hilang setelah tiga hari hingga dua minggu pemakaian krim. Jika kamu mengalami bruntusan karena eksfoliasi ringan, kamu tak perlu cemas dan khawatir karena kandungan AHA bisa membantu mencerahkan wajah. 

  • Editor: Anabel Yevina
Recommended

7 Tips Makeup Mata Buat Pemula Ala Tasya Farasya

  • 23 November 2022, 07:00 WIB
Tasya Farasya bagikan tips-tips untuk mengaplikasikan makeup mata yang mudah bagi pemula, terpenting memiliki berbagai brush.

7 Langkah Mudah Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam di Wajah

  • 21 November 2022, 18:03 WIB
Ahli ungkap langkah mudah menghilangkan bekas jerawat hitam terutama di bagian pipi, mulai dari peeling hingga pakai vitamin c.

Perbedaan Purging dan Breakout Usai Pakai Skincare, Kamu Wajib Tahu!

  • 18 November 2022, 18:13 WIB
Pemakai rutin skincare wajib mengetahui perbedaan purging dan breakout karena tidak cocok dengan produk yang digunakan.

Kartika Putri Lakukan Upaya Hukum Usai Richard Lee Menang Praperadilan

  • 18 November 2022, 09:53 WIB
Kartika Putri akan melakukan upaya hukum atas kasus pencemaran nama baik dan illegal access yang dimenangkan Dokter Richard Lee.

Menang Praperadilan, dr. Richard Lee Enggan Maafkan Kartika Putri

  • 17 November 2022, 09:44 WIB
Richard Lee menang praperadilan atas kasus pencemaran nama baik dan ilegal akses, akui masih marah ke Kartika Putri.

7 Tips Awet Muda ala Orang Korea, Mudah Dipraktikan

  • 16 November 2022, 07:00 WIB
Sederet tips awet muda yang sering dilakukan oleh orang Korea Selatan, tampil flawless meski usia sudah senja.
The Latest
Balenciaga

4 Fakta Iklan Terbaru Balenciaga Tuai Kontroversi, Dikecam Bella Hadid

  • 29 November 2022, 11:18 WIB
Teknologi Canggih di Piala Dunia 2022

4 Teknologi Canggih Diterapkan di Piala Dunia 2022 Qatar

  • 28 November 2022, 19:04 WIB
Pertamina Eco RunFest 2022

Pertamina Eco RunFest 2022 Digelar Besok, Diikuti Baim Wong dan Andien

  • 26 November 2022, 17:17 WIB
Ilustrasi kecantikan

8 Manfaat Pemakaian Sunscreen, Bisa Cegah Penuaan Dini pada Wajah

  • 25 November 2022, 07:00 WIB
Mark Zuckerberg

Meta Bantah Mark Zuckerberg Bakal Mengundurkan Diri dari CEO

  • 24 November 2022, 17:22 WIB
INDEKS