5 Penyebab Kamu Sering Merasa Insecure - Lifestyle ZIGI.ID
Logo
Ilustrasi
lifestyle
Ilustrasi
Photo: Pexels
Ilustrasi

ZIGI – Setiap orang pasti pernah mengalami minder atau tidak percaya diri, hal tersebut adalah hal yang wajar. Perasaan minder sering kali terjadi ketika seseorang lebih banyak melihat kekurangan diri dibandingkan kelebihan. Namun, jika perasaan minder dibiarkan berlarut-larut, akan berdampak negatif pada kepribadian dan kesehatan mental

Tahukah kamu mengapa seseorang terjebak dalam rasa minder? Berikut lima penyebab kamu terjebak pada perasaan insecure atau tidak percaya diri, yang dirangkum dari kanal YouTube seorang motivator bernama Merry Riana. Simak ya!

1. Sering membandingkan dirinya dengan orang lain

image
Photo : shutterstock

Sikap membandingkan diri sendiri dengan orang lain bukanlah hal yang baik. Apalagi menjadikan orang lain sebagai patokan kualitas hidup. Hal ini dapat memicu turunnya rasa percaya diri sehingga menghambat potensi diri.

Apalagi kaum milenial dan generasi Z yang sering memeriksa media sosial, untuk membanding-bandingkan kehidupan. Hal tersebut malah membuat kamu merasa sedih dan gagal, sehingga kamu terus terjebak dalam situasi minder. 

2. Situasi dan lingkungan 

image
Photo : Shutterstock

Terkadang situasi dan lingkungan yang membuat dan memaksa kita untuk jadi orang yang sempurna. Jika kita tidak bisa menjadi seorang yang sempurna, maka rasa percaya diri pun akan berkurang. Kamu akan terus merasa tak mampu dan berdaya ketika berada di situasi yang memaksa. Jika terdapat sedikit kesalahan saja, seseorang akan menerima berbagai hujatan.    

3. Hidup dalam penyesalan

image
Photo : shutterstock

Setiap manusia pasti tak luput dari kesalahan. Ibarat sebuah keramik yang indah, menjadi tidak sempurna menjadi hancur berantakan. Berbagai kekeliruan yang dilakukan seperti kecerobohan, keteledoran, dan kekhilafan yang akhirnya menjadi sebuah penyesalan.

Jika hal tersebut yang terjadi dalam hidup kamu, jangan patah semangat karena setiap luka memiliki cerita yang memberikan makna. Maka dari itu, janganlah terus terpuruk dalam penyesalan sehingga menghambat kamu untuk maju. 

4. Menyalahkan diri sendiri

image
Photo : shutterstock

Seringkali banyak orang yang merasa tak percaya diri karena penampilan fisik atau kegagalan di masa lalu hingga menyalahkah diri sendiri. Jika kamu terus menyalahkan diri sendiri dengan menambal kebencian, kamu akan selalu merasa tak percaya diri. Sebuah luka, trauma, dan rasa bersalah dapat menjadi sesuatu yang indah, tergantung bagaimana cara kamu menyikapinya.

Setiap orang pasti memiliki kisah dan cerita di balik keretakannya. Maka dari itu, kamu harus memberikan pengampunan kepada diri sendiri atas kesalahan yang telah terjadi. Kesalahan dapat dijadikan sebagai pelajaran, agar kamu menjadi pribadi yang lebih baik sehingga kepercayaan diri semakin meningkat. 

5. Sering mendengar kata-kata yang menjatuhkan

image
Photo : shutterstock

Seringkali, dengan kata-kata yang menjatuhkan membuat kamu merasa rendah diri dan tidak berharga. Mereka yang tidak percaya diri, merekalah yang sering mendengarkan kata-kata umpatan. Jangan jadikan kata-kata umpatan yang sering kamu dengar menjadi hambatan kamu merasa bukan siapa-siapa.

Jika sering mendengar kata-kata negatif, jangan pernah berkecil hati. Jadikanlah kata umpatan tersebut menjadi motivasi kamu, agar kamu bangkit tunjukkan kepada mereka yang mengumpat betapa berharganya hidup kamu. 

  • Editor: Anabel Yevina
Recommended

Demi Kesehatan Mental, Tom Holland Putuskan Rehat dari Medsos

  • 15 Agustus 2022, 12:34 WIB
Pada Minggu, 14 Agustus 2022, Tom Holland mengumumkan dirinya rehat dari Instagram dan Twitter untuk beberapa waktu ke depan.

Link dan Cara Main Tes Usia Mental, Viral di Twitter

  • 11 Juli 2022, 16:26 WIB
Link dan cara memainkan tes usia mental yang lagi viral di Twitter, untuk mengetahui usia mental kamu yang sebenarnya.

5 Artis Indonesia Mengidap Gangguan Mental Bipolar

  • 11 Mei 2022, 11:05 WIB
Sederet artis Tanah Air yang didiagnoasa mengidap gangguan mental bipolar, mulai dari Marshanda, Awkarin hingga Medina Zein.

Link Tes Kesehatan Mental Via Google Form Viral di TikTok

  • 27 April 2022, 13:09 WIB
Kini kalian dapat mengetahui kondisi psikis, cukup mengisi Google Form untuk melakukan tes kesehatan mental, viral di TikTok.

Demi Kesehatan Mental, Andrew Garfield Enggan Punya Media Sosial

  • 16 Maret 2022, 17:07 WIB
Andrew Garfield menjelaskan bahwa dirinya tidak menggunakan media sosial demi menjaga kesehatan mental dan privasi kehidupannya

6 Layanan Konsultasi Gratis dengan Psikolog untuk Atasi Depresi

  • 23 Februari 2022, 20:00 WIB
Berikut 6 layanan yang memberikan konsultasi gratis bagi yang tengah mengalami masalah gangguan mental seperti depresi
The Latest
Sportel Bali

Mengenal Sportel Bali 2023 yang Akan Digelar 23-24 Februari

  • 31 Januari 2023, 10:45 WIB
Nessie Judge

4 Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah Ala Nessie Judge

  • 29 Januari 2023, 08:00 WIB
Minuman untuk mengecilkan perut buncit

6 Jenis Minuman untuk Mengecilkan Perut Buncit, Termasuk Teh Hijau

  • 28 Januari 2023, 12:00 WIB
Gua Sha

5 Manfaat Gua Sha, Mengurangi Kerutan hingga Menghilangkan Pusing

  • 27 Januari 2023, 07:00 WIB
Sheila On 7

Kejutan Konser Sheila On 7 di Jakarta, Ada Band Cokelat dan Perunggu

  • 26 Januari 2023, 13:29 WIB
INDEKS