Logo
Ilustrasi
lifestyle
5 Kesalahan yang Dilakukan Mahasiswa Saat Mengelola Keuangan
Photo: Shutterstock

ZIGI – Setiap orang perlu mengatur keuangan dengan baik, termasuk mahasiswa. Apalagi mahasiswa yang merantau dan kuliah jauh dari orangtua, mereka dituntut untuk pintar mengelola keuangannya sendiri. Tapi masih banyak mahasiswa yang belum menyadari pentingnya mengatur keuangan.

Akibatnya, mereka sering kehabisan uang di tanggal tua. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, tentu akan berdampak buruk bagi masa depan. Lantas kesalahan apa saja yang harus dihindari mahasiswa dalam mengelola keuangan? Berikut yang dilansir Zigi.id dari Western & Southern. Yuk simak artikel ini!

Baca juga: Cara Chat Dosen yang Baik dan Benar Biar Enggak Diabaikan

1. Tidak Membuat Anggaran Dasar

Photo : Shutterstock

Salah satu kesalahan keuangan yang paling umum dilakukan mahasiswa adalah tidak memiliki anggaran dasar. Tanpa adanya anggaran itu, seorang mahasiswa akan sulit untuk menyimpan uang dengan baik. Maka dari itu, mulailah membuat anggaran dasar dengan mencantumkan pengeluaran, seperti uang beli buku, makanan, perlengkapan kuliah, pakaian, dan hiburan.

Jangan lupa juga untuk mencantumkan pendapatan yang diberikan oleh orangtua. Selain itu, catat juga biaya tempat tinggal seperti kosan atau asrama. Mulailah untuk menetapkan batasan anggaran, berapa banyak uang yang akan dibelanjakan untuk kategori tertentu.

Hal ini bisa membantu kamu sebagai mahasiswa, untuk mengembangkan pengendalian diri dalam mengatur keuangan. Jika ini kali pertama kamu, minta bantuan orangtua atau saudara yang bisa membuat anggaran. 

2. Tidak Mengetahui Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Photo : Shutterstock

Biasanya mahasiswa yang baru pertama kali memegang uang, tidak mengetahui perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Apalagi di era serba digital, banyak mahasiswa yang lebih cenderung membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Sebelum membeli barang, tanyakan pada diri sendiri seperti apakah produk yang dibeli itu bisa membuat hidup kamu lebih mudah? Bagaimana produk ini akan menambah nilai dalam hidup? Seberapa sering produk ini akan digunakan?

Terkadang kamu pasti ingin membeli barang yang diinginkan tanpa memahami betul kebutuhannya. Maka dari itu buatlah daftar kebutuhan dan keinginan selama sebulan untuk membantu mengatur pengeluaran. Urutkan dari barang yang paling penting dan dibutuhkan kemudian lakukan secara rutin setiap bulannya. 

3. Penyalahgunaan Kartu Kredit

Photo : Shutterstock

Saat pertama kali masuk kuliah, mungkin banyak orangtua yang memberikan fasilitas kartu kredit kepada anaknya tapi akhirnya malah disalahgunakan. Banyak mahasiswa berniat menggunakan kartu kredit untuk menghemat uang, tapi pada kenyataannya mereka sering kali berfoya-foya dan membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Bahkan banyak mahasiswa yang terkadang tidak menyadari bahwa penggunaan kartu kredit mereka sudah melebihi limit. Walaupun orangtua yang membayar tagihan tersebut, tetap saja hal itu akan berdampak buruk di masa depan. Di mana kamu akan kesulitan mengatur uang di masa depan.

4. Tidak Merencanakan Masa Depan

Photo : Shutterstock

Mahasiswa biasanya sudah banyak menghabiskan waktu untuk belajar menghadapi ujian, mengerjakan tugas, serta mengikuti kegiatan kuliah. Kesibukan ini yang sering kali membuat mereka lupa untuk merencanakan masa depan termasuk soal keuangan. Maka dari itu, mulai lah untuk memikirkan tentang rencana yang akan kamu ambil nantinya.

Misalnya, memiliki rencana untuk membeli rumah. Jadi kamu akan mulai menyisihkan uang dari sekarang untuk menabung demi tempat tinggal pertamamu. Meskipun belum mendapatkan penghasilan sendiri, setidaknya kamu dapat menyisihkan uang tersebut untuk rencana masa depan. 

5. Tidak Memanfaatkan Bantuan Beasiswa

Photo : Shuterstock

Setiap universitas biasanya terdapat program beasiswa untuk meringankan biaya pendidikan. Namun, banyak mahasiswa yang melewatkan kesempatan beasiswa itu karena berbagai alasan. Padahal dengan mendapatkan beasiswa, kamu bisa meringankan beban orangtua dalam membiayai pendidikan di perguruan tinggi.

Apalagi jika kamu mendapatkan beasiswa sepenuhnya, dana yang seharusnya untuk biaya kuliah bisa kamu alokasikan sebagai tabungan masa depan. Maka, mulai berburu program beasiswa dan periksa setiap persyaratan yang diajukan. Semoga berhasil ya!

Baca juga: 7 Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa 2021 dengan Harga Murah

  • Editor: Anabel Yevina

How does this article make you feel?

Recommended
Ilustrasi

7 Rekomendasi Situs Mining Bitcoin Terbaik

  • 27 Juli 2021, 08:00 WIB
Mining merupakan cara untuk menambang bitcoin tanpa perangkat khusus. Berikut rekomendasi situs menambang bitcoin.
Ilustrasi

8 Jenis Risiko Investasi yang Perlu Diketahui

  • 23 Juli 2021, 07:22 WIB
Risiko investasi adalah istilah keuangan yang tak sesuai dengan harapan. Ada 8 jenis risiko investasi patut diketahui.
Ilustrasi

6 Langkah Mudah Membuat Anggaran Pribadi

  • 21 Juli 2021, 17:31 WIB
Berikut langkah-langkah membuat anggaran pribadi untuk membantu mengelola keuangan setiap bulan agar tidak boros.
Ilustrasi

5 Cara Memperbaiki Kondisi Keuangan Setelah Overspending

  • 21 Juli 2021, 07:00 WIB
Overspending merupakan tindakan menghabiskan uang terlalu banyak dalam waktu singkat. Mulai catat pengeluaran harian.
Ilustrasi

4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pakai Paylater, Awas Terjebak!

  • 19 Juli 2021, 09:00 WIB
Sebelum gunakan fitur paylater, lebih baik perhatikan 4 hal ini agar untung dan keuangan tetap sehat.
Ilustrasi

4 Rekomendasi Tempat Menyimpan Dana Darurat Untuk Pemula

  • 18 Juli 2021, 09:00 WIB
Dana darurat penting diterapkan oleh setiap orang. Berikut empat rekomendasi tempat terbaik untuk menyimpan dana darurat.
The Latest
Blackout

Lirik Lagu Selalu Ada - Blackout Band, Wajib Diputar di Tongkrongan

  • 30 Juli 2021, 17:06 WIB
Snapchat

Snapchat Alami Gangguan Log In, Pengguna Protes di Twitter

  • 30 Juli 2021, 15:45 WIB
Riot Games

Riot Games Untung Rp1,1 Triliun dari League of Legends hingga Valorant

  • 29 Juli 2021, 17:38 WIB
Free Fire

Cara Dapat Bundle Rebel Academy Free Fire

  • 29 Juli 2021, 15:36 WIB
iPhone 13

3 Tanda iPhone 13 Bakal Lebih Laris dari iPhone 12

  • 29 Juli 2021, 12:20 WIB
INDEKS