Logo
Kartu kredit
lifestyle
5 Kesalahan Pengguna Kartu Kredit yang Harus Dihindari
Photo: Unsplash.com

ZIGI – Kartu kredit memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Banyak masyarakat yang menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran. Dengan sekali gesek saja, masyarakat dapat melakukan transaksi apapun dengan mudah.

Di sisi lain, kemudahan pada kartu kredit dapat menimbulkan masalah jika tidak digunakan dengan bijak. Banyak orang justru terlilit utang sehingga selalu diteror oleh debt collector karena melakukan kesalahan dalam menggunakan kartu kredit. Lantas apa saja kesalahannya? Simak artikelnya ya!

1. Tidak kontrol tagihan

Photo : shutterstock

Penggunaan kartu kredit dapat menyebabkan terjadinya intensitas transaksi belanja atau konsumsi. Banyak pengguna kartu kredit yang tidak peduli dengan jumlah tagihan setiap bulannya. Salah satu kesalahan pengguna kartu kredit yaitu tidak mengontrol jumlah tagihan, dengan beragam alasan yang dilontarkan. Salah satunya tidak menyukai untuk melihat angka yang ditagihkan. Jika kamu tak mengontrol jumlah tagihan, kartu kredit akan mengubah perilaku seseorang menjadi impulsif dan konsumtif. 

Maka dari itu, pengguna kartu kredit harus melakukan kontrol tagihan setiap bulannya. Jika suatu saat terjadi kesalahan penagihan yang dilakukan oleh pihak perbankan, kamu dapat menyanggah kesalahan tersebut dengan memeriksa tagihan disetiap bulannya. Dengan melakukan kontrol kartu kredit, kamu juga dapat mempertahankan kondisi finansial yang stabil. 

2. Telat membayar tagihan

Photo : shutterstock

Kesalahan lainnya yaitu terlambat membayar tagihan. Perlu diketahui bahwa pengguna kartu kredit akan dikenakan denda dari pihak bank, jika telat melakukan pembayaran. Bahkan denda tersebut akan diakumulasikan dari total tagihan. Beban bunga pada kartu kredit cukup besar, yaitu 2 hingga 3 persen dalam satu bulan. Jika memiliki sikap menunda-nunda membayar tagihan kartu kredit, bayangkan berapa besar bunga yang terus menumpuk di setiap bulannya. Utang pun akan semakin besar, sehingga dapat menguras kantong. 

3. Tergoda diskon pada kartu kredit

Photo : Shutterstock

Banyak merchant yang bekerja sama dengan pihak bank dalam penggunaan kartu kredit sebagai alat transaksi. Dengan memberikan promo atau diskon jika transaksi menggunakan kartu kredit yang bekerja sama dengan merchant. Tentunya promosi dan diskon membuat semua orang tertarik.

Separuh dari pengguna kartu kredit, tergiur dengan harga miring sehingga mereka melakukan transaksi menggunakan kartu kredit hingga mencapai batas limit. Akibatnya, tagihan pun akan semakin membengkak. Jika selalu tergiur dengan promosi dan diskon pada kartu kredit, kamu pun akan sulit mengatur keuangan

4. Pemakaian hingga batas limit

Photo : shutterstock

Limit pada kartu kredit berfungsi untuk mengingatkan pengguna pada transaksi yang telah mencapai batas kemampuan. Selain itu, limit kartu kredit biasanya disesuaikan dengan penghasilan atau pendapatan seseorang. Namun, banyak masyarakat yang sering tergiur promo dan diskon, sehingga membuat pengguna kartu kredit terjebak over limit. Perilaku konsumtif inilah yang dapat menghabiskan limit kartu kredit yang dapat menyebabkan tagihan membengkak. 

5. Melakukan layanan tarik tunai

Photo : shutterstock

Salah satu fasilitas dari kartu kredit adalah dapat melakukan tarik tunai di ATM, seperti kartu debit pada umumnya. Melalui fasilitas ini, penggunanya dapat dikenakan biaya sekitar 6 persen dari nominal penarikan. Perlu diketahui bahwa kartu kredit adalah kartu untuk berutang.

Namun, separuh pengguna kartu kredit sering menganggap kartu kredit sebagai kartu debit. Hal tersebut dapat membuat tagihan pengguna kartu kredit semakin membengkak. Maka dari itu, hindari layanan penarikan tunai melalui kartu kredit jika tak ingin tagihan kamu semakin membengkak. 

Demikian 5 kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna kartu kredit. Semoga informasi ini bermanfaat dan kamu bisa mengatur keuangan dengan lebih bijak!

  • Editor: Anabel Yevina
Recommended
Ilustrasi

8 Jenis Risiko Investasi yang Perlu Diketahui

  • 23 Juli 2021, 07:22 WIB
Risiko investasi adalah istilah keuangan yang tak sesuai dengan harapan. Ada 8 jenis risiko investasi patut diketahui.
Ilustrasi

6 Langkah Mudah Membuat Anggaran Pribadi

  • 21 Juli 2021, 17:31 WIB
Berikut langkah-langkah membuat anggaran pribadi untuk membantu mengelola keuangan setiap bulan agar tidak boros.
Ilustrasi

5 Cara Memperbaiki Kondisi Keuangan Setelah Overspending

  • 21 Juli 2021, 07:00 WIB
Overspending merupakan tindakan menghabiskan uang terlalu banyak dalam waktu singkat. Mulai catat pengeluaran harian.
Ilustrasi

4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pakai Paylater, Awas Terjebak!

  • 19 Juli 2021, 09:00 WIB
Sebelum gunakan fitur paylater, lebih baik perhatikan 4 hal ini agar untung dan keuangan tetap sehat.
Ilustrasi

4 Rekomendasi Tempat Menyimpan Dana Darurat Untuk Pemula

  • 18 Juli 2021, 09:00 WIB
Dana darurat penting diterapkan oleh setiap orang. Berikut empat rekomendasi tempat terbaik untuk menyimpan dana darurat.
Ilustrasi

7 Cara Mudah Menghasilkan Passive Income di Tahun 2021

  • 18 Juli 2021, 08:00 WIB
Berikut 7 cara mudah untuk mendapatkan passive income, sehingga kamu bisa menambah pundi-pundi kekayaan di tahun 2021.
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS