Logo
WhatsApp
lifestyle
5 Fitur WhatsApp yang Berguna dan Tak Banyak Orang Tahu
Photo: Shutterstock

ZIGI – WhatsApp merupakan aplikasi layanan pesan instan terpopuler di dunia yang memiliki sejumlah fitur menarik. Beragam fitur WhatsApp bermanfaat untuk memudahkan kepentingan pengguna.

Sayangya, sebagian orang belum mengetahui beragam fitur menarik yang dihadirkan aplikasi WhatsApp. Padahal sejumlah fitur dapat mempermudah pengguna dalam melakukan aktivitas berkirim pesan ke pengguna lainnya. Penasaran apa saja? Berikut fitur WhatsApp yang jarang diketahui orang. Yuk simak!

1. Dark Mode

Photo : Iphone Tricks

Fitur WhatsApp pertama adalah Dark Mode. Pengguna dapat mengubah warna background WhatsApp dari putih menjadi hitam. Fitur ini dapat digunakan pada perangkat Android versi 2.20.64 dan iOS versi 2.20.30.

Untuk mengaktifkan fitur Dark Mode, pengguna harus melakukan pembaruan aplikasi WhatsApp terlebih dulu. Sesudah itu, klik menu 'Settings' kemudian buka menu 'Chat'. Kemudian klik menu Theme, aktifkan Dark Mode. Melalui fitur dark mode, pengguna dapat menghemat penggunaan daya pada ponselnya. 

2. Kirim gambar tanpa mengurangi kualitas

Photo : Mashable SEA

Pengguna WhatsApp dapat mengirimkan sejumlah foto dan video. Namun, seringkali foto yang diterima atau dikirim harus mengurangi kualitas gambar. Banyak pengguna yang tak tahu mengatasi solusi tersebut. Hal yang pertama harus dilakukan adalah perbarui aplikasi WhatsApp pada versi terbaru. 

Untuk mempertahankan kualitas gambar, pengguna harus melampirkan dokumen gambar terlebih dulu. Dengan cara klik ikon lampiran (yang berbentuk klip kertas) yang terletak di sisi bawah. Selanjutnya, pilih menu dokumen lalu klik cari dokumen lain yang terletak di sisi kanan paling atas. Kemudian pilih foto yang ingin dikirimkan, lalu kirim. 

3. Mematikan centang biru

Photo : MTechRidge

Dalam aplikasi WhatsApp, setiap pesan yang telah dikirimkan dan dibaca akan muncul tanda dengan dua centang berwarna biru. Namun, jika pengguna merasa keberatan bahwa pengguna lain mengetahui status pesan tersebut telah dibaca atau belum, kamu dapat menonaktifkan ‘read receipts’. 

Caranya, pengguna harus masuk ke menu Settings, kemudian pilih Accounts. Setelah itu, klik Privacy kemudian scroll hingga bawah dan temukan menu ‘Read Receipts’. Hapus tanda centang pada menu Read Receipts untuk menonaktifkannya. 

4. Menyembunyikan status 'last seen' 

Photo : TechWelkin

Saat kamu membuka percakapan dengan pengguna lain, biasanya terdapat status 'last seen' atau terakhir dilihat. Status tersebut akan terlihat di bawah nama pengguna lain yang menunjukkan kapan pengguna terakhir online di aplikasi WhatsApp. Banyak pengguna yang tak mengetahui, bahwa status 'last seen' dapat disembunyikan. 

Caranya pun mudah, pengguna hanya membuka menu ‘Pengaturan’. Selanjutnya, pengguna klik menu ‘Akun’, kemudian klik ‘Privasi’. Saat membuka menu ‘Privasi’, terdapat menu ‘Terakhir Dilihat’ atau ‘Last Seen’. Pada menu tersebut, terdapat pilihan apakah status tersebut akan ditampilkan. Kamu dapat menampilkan status tersebut pada kontak yang terdaftar atau tidak kepada siapapun. 

5. Kirim tulisan unik

Photo : Insider

Pengguna dapat mengirimkan pesan dengan tulisan yang unik, dengan membuat teks dalam format tebal, miring dan dicoret. Kamu tak usah repot mengunduh aplikasi lainnya. Kamu hanya perlu mencantumkan kode, agar tulisan berubah.

Jika kamu ingin menebalkan kata atau kalimat, kamu dapat menambahkan tanda bintang (*) pada kedua sisi kata atau kalimat. Misalnya, ingin menuliskan kata WhatsApp dengan format tebal *WhatsApp*. 

Sedangkan untuk mencoret tulisan, kamu dapat memberikan tanda (~). Contohnya, ~WhatsApp~. 
Terakhir, jika kamu ingin memiringkan pesan, kamu dapat memberikan tanda (_) pada kalimat atau pesan yang dikirimkan. Contohnya, _WhatsApp_. 

Demikian beberapa fitur WhatsApp yang tidak banyak orang tahu. Semoga membantu!

  • Editor: Anabel Yevina
Recommended
Gettr

Mengenal GETTR, Media Sosial Pro Donald Trump yang Diretas

  • 06 Juli 2021, 14:00 WIB
Media sosial GETTR yang dibuat oleh pendukung Donald Trump diretas pada Minggu, 4 Juli 2021 dan bertuliskan 'Free Palestine'.
Instagram

Fitur Terjemahan Instagram Story Akan Rilis, Gini Cara Pakainya

  • 30 Juni 2021, 11:37 WIB
Cara menggunakan fitur terjemahan di Instagram Story yang akan segera dirilis, memudahkan pengguna menerjemahkan bahasa Asing.
Windows 11

Cara Install Windows 11 Secara Gratis dan Mudah

  • 27 Juni 2021, 11:08 WIB
Microsoft akan merilis Windows Insider untuk pengguna dapat menikmati Windows 11 versi beta. Windows 11 diluncurkan 24 Juli 2021.
iPhone 13

Bocoran iPhone 13 Banjir Kritikan, Dikabarkan Rilis September 2021

  • 25 Juni 2021, 17:47 WIB
Desain iPhone 13 yang dikabarkan dirilis Apple beberapa bulan lagi, berbeda di fitur kamera belakang.
Aplikasi Membuat Poster

7 Aplikasi untuk Membuat Poster Terbaik di HP dan Laptop

  • 25 Juni 2021, 07:00 WIB
Rekomendasi aplikasi di HP dan laptop untuk membuat poster dengan sangat mudah, menarik serta gratis.
Twitter

Twitter Rilis Ticketed Spaces dan Super Follows untuk Monetisasi

  • 23 Juni 2021, 12:33 WIB
Twitter telah menguji coba fitur yang bernama Super Follows dan Ticketed Spaces yang memungkinkan pengguna mendapat uang.
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS