Logo
Small Cap
lifestyle
5 Ciri Saham Gorengan yang Harus Dihindari Investor Pemula
Photo: Investor Place

ZIGI – Saham adalah salah satu jenis instrumen investasi yang mulai dilirik kaum milenial dan generasi Z. Bagi investor pemula yang baru terjun ke dunia saham, harus berhati-hati dengan saham small cap atau biasa dikenal dengan saham gorengan.

Saham gorengan adalah saham perusahaan yang kenaikan nilainya di luar kebiasaan, karena pergerakan nilai direkayasa oleh pelaku pasar untuk tujuan tertentu. Saham lapis tiga ini memang memberikan keuntungan yang sangat menggiurkan, namun saham jenis ini harus dihindari karena memiliki risiko yang sangat tinggi.

Maka dari itu, investor pemula harus mengetahui ciri saham small cap atau saham gorengan. Apa saja cirinya? Berikut ciri-ciri saham gorengan, yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Harga saham turun naik drastis

Photo : shutterstock

Biasanya saham gorengan memiliki kapitalisasi pasar yang kecil sehingga harga saham akan naik dan turun secara drastis. Nilai transaksi hariannya pun tidak wajar, karena nilai tersebut dimanipulasi oleh pelaku pasar yang memiliki kepentingan tertentu.

Seringkali investor pemula tergiur dengan harga saham relatif rendah, dengan kenaikan volume perdangangan yang sangat tinggi. Padahal saham tersebut jarang diperdagangkan atau tak ada yang membeli. Biasanya saham gorengan sering memberikan kejutan untuk para investor. Dimana harganya pun akan naik secara drastis, kemudian turun secara signifikan.

2. Masuk daftar UMA

Photo : Situs resmi BEI

Bursa Efek Indonesia (BEI) memiliki andil dalam memantau saham gorengan. Jika terlihat perubahaan harga yang siginifikan pada suatu perusahaan, maka BEI akan memasukkan perusahaan tersebut ke daftar Unusual Market Activity (UMA). UMA adalah aktivitas perdagangan dan atau pergerakan harga suatu efek yang tidak biasa pada kurun waktu tertentu di Bursa. Perusahaan yang masuk dalam daftar UMA adalah perusahaan yang dianggap tidak wajar dan memiliki risiko yang tinggi.

3. Kapitalisasi pasar kecil

Photo : shutterstocks

Kapitalisasi pasar adalah nilai total di pasar saham, yang dihitung dari harga saham dikali jumlah saham yang beredar. Semakin kecil kapitalisasi pasarnya, maka bandar pun semakin mudah untuk membeli bagian besar kepemilikan sahamnya, dengan kata lain semakin mudah untuk digoreng. Biasanya saham yang berkapitalisasi pasar kecil menjadi incaran bandar untuk digoreng. 

4. Kinerja perusahaan dan keuangan tidak sesuai

Photo : shutterstocks

Saham gorengan memiliki ciri ketidaksesuaian antara kinerja perusahaan dengan kenaikan harga saham. Jika kinerja keuangan perusahaan turun lebih dari 50 persen, namun harga saham naik sudah pasti ciri dari saham gorengan. Seharusnya kinerja perusahaan dengan keuangan harus sejalan, maka harga sahamnya pun mengikuti kondisi perusahaan.

5. Tidak dapat dianalisis

Photo : Study.com

Biasanya saham gorengan memiliki bid dan offer yang tidak wajar, sehingga antrianya pun tidak wajar. Bahkan hanya ada satu antrian dalam satu lot per harga. Semakin tidak wajar jika saham yang ditransaksikan dalam jumlah yang besar. Biasanya permainan bid dan offer dilakukan untuk memudahkan bandar dalam menaikan harga saham.

Jika terdapat bid dan offer yang tidak wajar, maka saham tidak dapat dianalisis secara fundamental. Alasannya karena keuangan dari perusahaan tidak setinggi kenaikan harga saham yang terjadi. Rasio keuangan dan valuasi saham gorengan akan timpang dengan perusahaan pesaing, sehingga menghasilkan angka yang tidak masuk akal. 

  • Editor: Anabel Yevina
Recommended
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce terus mengampanyekan kepada generasi milenial tentang apa pentingnya investasi.
Ilustrasi

8 Jenis Risiko Investasi yang Perlu Diketahui

  • 23 Juli 2021, 07:22 WIB
Risiko investasi adalah istilah keuangan yang tak sesuai dengan harapan. Ada 8 jenis risiko investasi patut diketahui.
Ilustrasi

6 Langkah Mudah Membuat Anggaran Pribadi

  • 21 Juli 2021, 17:31 WIB
Berikut langkah-langkah membuat anggaran pribadi untuk membantu mengelola keuangan setiap bulan agar tidak boros.
Ilustrasi

5 Cara Memperbaiki Kondisi Keuangan Setelah Overspending

  • 21 Juli 2021, 07:00 WIB
Overspending merupakan tindakan menghabiskan uang terlalu banyak dalam waktu singkat. Mulai catat pengeluaran harian.
Ilustrasi

4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pakai Paylater, Awas Terjebak!

  • 19 Juli 2021, 09:00 WIB
Sebelum gunakan fitur paylater, lebih baik perhatikan 4 hal ini agar untung dan keuangan tetap sehat.
Ilustrasi

4 Rekomendasi Tempat Menyimpan Dana Darurat Untuk Pemula

  • 18 Juli 2021, 09:00 WIB
Dana darurat penting diterapkan oleh setiap orang. Berikut empat rekomendasi tempat terbaik untuk menyimpan dana darurat.
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS