Logo
Ilustrasi
lifestyle
5 Cara Mudah Membersihkan Kacamata Agar Terhindar dari Virus
Photo: shutterstock

ZIGI – Kacamata biasanya digunakan oleh seseorang yang memiliki masalah dalam penglihatan. Tapi tidak hanya itu, kacamata juga kerap digunakan sebagai aksesori dalam berbusana. Tapi saat memakai kacamata, kadang mengalami beberapa masalah seperti tergores, kotor, dan ada minyak yang menempel pada lensa.

Agar frame dan lensa tetap awet, pengguna harus merawat dan membersihkan kacamata yang digunakan. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, virus juga bisa bertahan di permukaan kacamata selama empat hari jika tidak dibersihkan. Lantas bagaimana cara membersihkan kacamata hingga ke lensa dan frame? Yuk simak yang dirangkum Zigi.id berikut!

1. Menggunakan minyak kayu putih

Photo : shutterstock

Tahukah kamu bahwa minyak kayu putih memiliki fungsi untuk membersihkan frame dan lensa pada kacamata? Caranya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menyediakan kain yang lembut untuk mengusap frame serta lensa kacamata. Hindari menggunakan kain kasar agar tidak menyebabkan goresan pada kacamata. Kemudian teteskan minyak kayu putih pada permukaan lensa yang terdapat kotoran dan goresan. Setelah diteteskan, gosok permukaan lensa dan frame menggunakan tisu atau kain lembut yang kamu miliki. 

2. Menggunakan sanitizer

Photo : shutterstock

Jika tidak membawa cairan khusus pembersih kacamata, kamu juga dapat membersihkan kacamata menggunakan sanitizer. Pastinya kamu sekarang membawa sanitizer kemanapun dong. Sanitizer memiliki kandungan yang dapat membunuh kuman dan virus. Cara memakainya pun mudah. Cukup teteskan sanitizer kemudian gunakan kain yang mengandung microfiber untuk menggosok kacamata.

Namun perlu diketahui jangan terlalu sering menggunakan sanitizer untuk membersihkan kacamata ya! Ini karena sanitizer memiliki kandungan alkohol yang justru dapat merusak lapisan pada lensa dan frame. Kamu boleh menggunakan sanitizer untuk membersihkan kacamata hanya dalam keadaan terdesak saja. 

3. Mengunjungi optik terdekat

Photo : Shutterstock

Kunjungilah optik kacamata terdekat untuk membersihkan kacamata. Di sana, optik akan menggunakan cairan dan alat khusus untuk membersihkan lensa dan frame kacamata. Di sejumlah optik, biaya untuk membersihkan kacamata biasanya gratis. Salah satu optik yang melayani jasa membersihkan kacamata secara gratis adalah Optik Melawai. Dijamin deh kacamata kamu akan bersih seperti semula. Kamu juga dapat membersihkan kacamata seminggu sekali di optik yang terpercaya.

4. Dibilas dengan air mengalir dan sabun

Photo : Brigthside

Bila tidak ada cairan khusus pembersih lensa, kamu dapat menggunakan air mengalir dan sabun sebagai alternatif untuk membersihkan kacamata. Air keran yang mengalir dapat membantu menghilangkan debu yang menempel pada kacamata. Namun, hindari penggunaan air panas yang mendidih, karena hal itu justru bisa merusak lapisan coating pada lensa dan frame.

Tapi disarankan untuk menggunakan air yang hangat. Awalnya, kamu perlu membilas kacamata dengan air yang mengalir. Kemudian tuangkan sedikit sabun pada lensa dan frame. Gosok secara perlahan dan lembut. Setelah itu, lap kacamata mulai dari lensa hingga frame. 

5. Gunakan cairan khusus pembersih kacamata

Photo : shutterstock

Cairan khusus pembersih kacamata ini tersedia di berbagai optik terdekat. Kamu dapat membeli cairan tersebut beserta kain berbahan microfiber untuk membersihkan kacamata. Harganya pun terjangkau, tergantung masing-masing optik yang menjualnya. Biasanya cairan khusus dijual dalam bentuk spray, sehingga pengguna cukup menyemprotkan cairan khusus tersebut ke kacamata dan mengusap lensa hingga frame dengan kain lembut. 

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara membersihkan kacamata dengan bahan-bahan yang juga bisa kamu temukan di rumah? Selamat mencoba Sobat Zigi!

  • Editor: Anabel Yevina
Recommended
Henny Manopo, Amanda Manopo, Angelica Manopo

7 Potret Kompak Amanda Manopo dan Henny Manopo Sebelum Meninggal

  • 25 Juli 2021, 20:47 WIB
Foto-foto Amanda Manopo bersama sang ibu, Henny Manopo sebelum meninggal dunia pada Minggu, 25 Juli 2021.
Amanda Manopo dan ibunya

Biodata Henny Manopo Lugue: Agama dan Pekerjaan Sebelum Meninggal

  • 25 Juli 2021, 20:20 WIB
Profil, biodata, umur, pekerjaan Henny Manopo, ibu Amanda Manopo meninggal dunia pada Minggu, 25 Juli 2021.
Amanda Manopo dan Henny Manopo

Kronologi Ibu Amanda Manopo Meninggal Dunia di Usia 53 Tahun

  • 25 Juli 2021, 19:00 WIB
Ibu Amanda Manopo, Henny Manopo meninggal dunia pada Minggu, 25 Juli 2021 akibat Covid-19 dan sempat terserang stroke.
Stromae

5 Fakta Lagu Alors On Danse - Stromae, Lirik dan Terjemahan

  • 25 Juli 2021, 17:50 WIB
Lirik lagu Alors On Danse milik Stromae lengkap terjemahan bahasa Prancis dan Indonesia. Kini tengah viral di TikTok.
Film Selesai

Fakta dan Jadwal Tayang Film Selesai Dibintangi Anya Geraldine

  • 25 Juli 2021, 16:32 WIB
Film Selesai dibintangi Gading Marten, Ariel Tatum, Anya Geraldine akan tayang di situs Bioskop Online. Sinopsis bahas percintaan.
Extraordinary You

Sinopsis, Jadwal Tayang Extraordinary You Episode 1-16 di NET TV

  • 25 Juli 2021, 15:34 WIB
Drama Extraordinary You mulai tayang di NET TV per Minggu, 25 Juli 2021 pukul 16.45 WIB. Daftar pemain hingga sinopsis cerita.
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS