Logo
Kesehatan Mental
lifestyle
5 Cara Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi, Kurangi Berita Buruk
Photo: pe

ZIGI – Menjaga kesehatan mental dalam menghadapi pandemi adalah aspek yang sangat penting selain menjaga kesehatan tubuh. Ya, selain membuat banyak korban jiwa, pandemi Covid-19 yang telah berlangsung lebih dari setahun mampu membuat banyak orang mengalami stres.

Selama pandemi ini, terganggunya kesehatan mental masyarakat umumnya disebabkan karena kehilangan pekerjaan, sulit mencari nafkah dan khawatir akan terpapar virus yang berbahaya. Padahal, kesehatan mental yang terganggu menurut penelitian ternyata juga berdampak buruk pada imunitas tubuh.

Oleh sebab itu, stres yang timbul dari pikiran perlu banget dikontrol dengan baik agar tidak menimbulkan masalah yang lebih parah. Lantas bagaimana cara menjaga kesehatan mental selama pandemi yang entah kapan akan berakhir ini? Yuk simak sejumlah tips berikut ini.

Kurangilah Main Media Sosial dan Membaca Berita Buruk

Photo : pexels.com

Melansir dari situs resemi CDC (Centers for Disease Control and Prevention), Sabtu, 10 Juli 2021, memantau isu-isu aktual terutama soal pandemi yang terjadi memang cukup penting. Akan tetapi, terlalu sering membaca berita buruk setiap hari juga bisa berdampak pada kesehatan mentalmu terutama pikiran negatifmu. 

Agar kamu tidak terlalu “kepo” dengan apa yang terjadi di luar sana, kamu tidak perlu mencopot pemasangan aplikasi berita di smartphone milikmu. Cukup berlatihlan untuk menahan diri agar tidak membaca berita soal pandemi selama berjam-jam.

Cari Kesibukan Lain

Photo : pexels.com

Diberlakukannya PPKM Darurat oleh pemerintah memang memaksa kita untuk memutar otak. Stres pasti terjadi dong. Tapi, cobalah untuk mencari hobi baru atau melakukan hal-hal yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya.

Misalnya, membaca buku yang belum sempat kamu baca, menonton film, menggambar, mengukir, menanam bunga dan masih banyak lagi. Hal-hal sederhana seperti ini selain bisa meningkatkan kesehatan mentalmu, tentu juga akan membuat hari-harimu lebih produktif.

Jangan Lupa Bersosialiasai

Photo : pexels.com

Karena manusia adalah makhluk sosial, terkurung di rumah sekian lama jelas membuat banyak orang merasa stres. Oleh sebab itu, bersosialisasi ternyata sangat penting untuk menjaga kesehatan mentalmu. Sebab, dengan cara bersosialisasi kamu akan merasa tidak sendiri dalam menghadapi situasi sulit seperti saat ini.

Jangan sungkan untuk ngobrol dengan temanmu, tetanggamu, kerabatmu, atau kekasihmu meski hanya lewat SMS, aplikasi chatting, email, telepon, atau panggilan video. Hubungilah mereka secara teratur, tidak hanya untuk kedamaian diri sendiri, tetapi juga untuk memeriksa kondisi mereka.

Tetap Jaga Kesehatan Fisikmu

Photo : pexels.com

Kesehatan fisik dan kesehatan mental memang berjalan selaras. Jika kesehatan mentalmu menurun, sistem kekebalan tubuh juga akan menurun begitu juga sebaliknya. Jagalah kesehatan fisikmu dengan istirahat yang cukup, berolahraga dan makan-makanan yang bergizi supaya kesehatan mentalmu tetap terjaga.

Jaga Kesehatan Jasmani

Photo : Freepik.com

Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Kesehatan jasmani dan mental saling berkaitan. Selama di rumah, kamu bisa menjaga kesehatan tubuh dengan menyempatkan waktu untuk mengatur napas atau meditasi.

Makan makanan dengan gizi yang seimbang. Lakukan olahraga secara teratur. Selain pola makan, pola tidur yang cukup juga sangat membantu agar tubuh dan pikiran tetap sehat. Yang terpenting, lakukan vaksin Covid-19 sekarang juga.

  • Editor: Hadi Mulyono
Recommended
Hani EXID

Kronologi Hani EXID Positif Covid-19, Tengah Syuting Drama Baru

  • 20 Juli 2021, 11:23 WIB
Hani EXID positif Covid-19. Diketahui tertular dari seorang staf terdekat dan tengah menjalani syuting drama Idol: The Coup.
Marshanda

Penampilan Marshanda Sekarang Makin Pede dengan Tubuh Gemuk

  • 19 Juli 2021, 11:12 WIB
Marshanda menegaskan, setiap orang harus bangga dengan tubuhnya sendiri dan tidak perlu mengikuti apa kata orang lain.
Minhyuk BTOB

Kronologi Minhyuk BTOB Positif Covid-19, Tertular dari Guru Vokal

  • 17 Juli 2021, 14:48 WIB
Minhyuk BTOB dinyatakan positif Covid-19 setelah sebelumnya negatif. Minhyuk diduga tertular dari guru vokalnya.
So junghwan dan doyoung treasure

So Junghwan TREASURE Positif Covid-19 Setelah Doyoung

  • 16 Juli 2021, 15:42 WIB
So Junghwan TREASURE positif Covid-19. Sang maknae yang dijuluki Super King Cow Baby dinyatakan positif setelah Kim Doyoung.
BTS - Blackpink

Lagu BTS Hingga Blackpink Dilarang Diputar di Gym

  • 16 Juli 2021, 11:37 WIB
Lagu terbaru BTS, Blackpink, ENHYPEN dan ratusan lagu lain dilarang diputar di gym untuk mencegah penyebaran Covid-19.
TikTok

TikTok Sound Disalahgunakan untuk Disinformasi Vaksin Covid-19

  • 15 Juli 2021, 10:32 WIB
TikTok Sound, fitur ini disalahgunakan oleh sejumlah oknum untuk mencegah banyak orang untuk vaksin Covid-19.
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS