Logo
Ilustrasi
lifestyle
5 Cara Memperbaiki Kondisi Keuangan Setelah Overspending
Photo: Shutterstock

ZIGI – Overspending merupakan salah satu masalah keuangan, yang seringkali dialami oleh setiap orang. Seseorang dikatakan melakukan overspending, jika ia telah menghabiskan banyak uang di luar kemampuan dan kebutuhan alias boros. Ketidakmampuan dalam mengelola keuangan dengan baik tentu bisa memperburuk kondisi keuangan.

Biasanya seseorang akan memiliki sikap overspending ketika melihat barang-barang yang sedang diskon. Sehingga mereka cenderung kalap dalam membeli suatu barang tanpa berpikir panjang. 

Merasa bersalah telah menghabiskan banyak uang yang melebihi batas? Daripada menyesali keadaan, lebih baik kamu memperbaiki kondisi keuangan. Berikut cara memperbaiki kondisi keuangan setelah mengalami overspending, yang dilansir dari laman Inspired Budget. Yuk simak!

1. Melakukan Identifikasi Penyebab

Photo : Shutterstock

Jika kamu mengalami overspending, temukan kebiasaan apa yang membuat kamu melakukan hal demikian. Misal, kamu terlalu sering melihat diskon di mall, sehingga kamu selalu tergiur untuk belanja sesuatu yang tidak penting. Jika itu penyebabnya, maka perhitungkanlah setiap barang yang kamu beli itu diperlukan atau tidak.

Namun, masalah setiap orang berbeda-beda. Jadi temukan jawaban dalam masalah yang kamu hadapi, dengan jujur pada diri sendiri sepenuhnya. Mulailah untuk identifikasi penyebab kebiasaan kamu, sebelum kamu dapat memperbaikinya. Dengan mengetahui penyebabnya, kamu dapat mencegah terjadinya overspending di masa depan. 

Setelah mengetahui penyebab, mulai catat semua pengeluaran meski nominal yang dikeluarkan tidak besar. Melalui kebiasaan ini, kamu dapat mengetahui sektor mana yang terjadi overspending.

2. Gunakan Uang Tunai dan Batasi Penggunaan Kartu Kredit atau Debit

Photo : Shutterstock

Berhenti menghabiskan banyak uang dengan meminimkan transaksi penggunaan kartu kredit dan debit. Gunakanlah uang tunai secukupnya saat berbelanja. Overspending dengan uang tunai jauh lebih sulit dibandingkan dengan overspending kartu kredit maupun debit.

Selain itu, berhenti menghabiskan uang dengan cara makan di luar. Batasi setiap pengeluaran seminimal mungkin, sehingga kondisi keuangan secara perlahan akan pulih.

3. Bayar Tagihan Kartu Kredit Tepat Waktu

Photo : Shutterstock

Jika kamu telah menghabiskan uang menggunakan kartu kredit, sebaiknya bayar tagihan lebih dari minimum. Dengan begitu kamu akan bekerja lebih keras mencari penghasilan lain, untuk membayar seluruh tagihan kartu kredit.

Berhentilah menggunakan kartu kredit, jika tak mau utang semakin menumpuk. Jika terus menggunakan kartu kredit sebagai alat transaksi, bunga akan semakin meningkat. Mulailah hindari kebiasaan menggunakan kartu kredit, yang dapat mengurangi kebiasaan overspending.

4. Buat Rencana Keuangan

Photo : Shutterstocks

Setelah mengalami overspending, buatlah rencana keuangan. Overspending merupakan kondisi keuangan yang berantakan, karena tidak ada kejelasan dalam pembuatan anggaran. Untuk mengatasi masalah yang telah terjadi, buatlah perencanaan keuangan dengan anggaran yang telah ditentukan. 

Dengan merencanakan uang yang akan kamu gunakan, dapat memperbaiki kebiasaan overspending. Perencanaan keuangan terbagi menjadi rencana jangka pendek dan jangka panjang.

Mulailah dari membuat anggaran jangka pendek seperti mencatat penguluaran harian. Dengan begitu kamu dapat menahan hasrat belanja dengan jumlah yang melebihi batas. Setelah berhasil merencanakan anggaran jangka pendek, buatlah anggaran jangka panjang untuk menentukkan target kamu di masa depan. Perlu diingat, buatlah anggaran yang realistis dan sesuaikan dengan pendapatan. 

5. Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri

Photo : Shutterstocks

Berhenti menyalahkan diri sendiri karena telah melakukan overspending. Maafkan diri sendiri yang telah membuat kesalahan. Hadapi kenyataan bahwa kamu telah menghabiskan jumlah uang yang terlalu banyak.

Kemudian mulai berjanji pada diri sendiri untuk mulai memperhatikan pengeluaran agar tidak terulang di masa mendatang. Terpenting adalah menahan hasrat belanja karena itu merupakan ‘akar’ dari overspending.

  • Editor: Anabel Yevina
Recommended
Ilustrasi

8 Jenis Risiko Investasi yang Perlu Diketahui

  • 23 Juli 2021, 07:22 WIB
Risiko investasi adalah istilah keuangan yang tak sesuai dengan harapan. Ada 8 jenis risiko investasi patut diketahui.
Ilustrasi

6 Langkah Mudah Membuat Anggaran Pribadi

  • 21 Juli 2021, 17:31 WIB
Berikut langkah-langkah membuat anggaran pribadi untuk membantu mengelola keuangan setiap bulan agar tidak boros.
Ilustrasi

4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pakai Paylater, Awas Terjebak!

  • 19 Juli 2021, 09:00 WIB
Sebelum gunakan fitur paylater, lebih baik perhatikan 4 hal ini agar untung dan keuangan tetap sehat.
Ilustrasi

4 Rekomendasi Tempat Menyimpan Dana Darurat Untuk Pemula

  • 18 Juli 2021, 09:00 WIB
Dana darurat penting diterapkan oleh setiap orang. Berikut empat rekomendasi tempat terbaik untuk menyimpan dana darurat.
Ilustrasi

7 Cara Mudah Menghasilkan Passive Income di Tahun 2021

  • 18 Juli 2021, 08:00 WIB
Berikut 7 cara mudah untuk mendapatkan passive income, sehingga kamu bisa menambah pundi-pundi kekayaan di tahun 2021.
Ilustrasi

5 Kesalahan yang Dilakukan Mahasiswa Saat Mengelola Keuangan

  • 17 Juli 2021, 15:51 WIB
Berikut 5 kesalahan yang sering dilakukan mahasiswa dalam mengatur keuangan, salah satunya tidak membuat anggaran dasar.
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS