4 Tips Membangun Kebiasaan Baik Jangka Panjang ala Maudy Ayunda - Lifestyle ZIGI.ID
Logo
Maudy Ayunda
lifestyle
Maudy Ayunda
Photo: Instagram/@maudyayunda
Maudy Ayunda

ZIGI – Sebagian orang merasa kesulitan ketika membangun kebiasaan baru yang akhirnya akan berdampak baik untuk kesehatan dan kegiatan rutinitas sehari-hari.

Maudy Ayunda membagikan beberapa tips membangun kebiasaan berdasarkan buku yang ia baca yakni Atomic Habits karya James Clear. Apa saja yang bisa menciptakan kebiasaan bagus untuk kehidupan seseorang? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Tips Bahagia Saat Hidup Terasa Sulit

1. Dibuat Jelas atau Menjadi Nyata

Ilustrasi Kebiasaan Sehari-Hari
Photo : Unsplash
Ilustrasi Kebiasaan Sehari-Hari

Menurut Maudy Ayunda, setiap tindakan memiliki rangsangan tertentu. Ia memisalkan seseorang yang memiliki gitar, ketika gitar diletakkan di lemari maka tidak akan digunakan. Gitar tersebut akan sering digunakan apabila diletakkan di tempat yang terlihat seperti sofa.

Contoh lain yang lebih mudah ketika seseorang ingin memiliki kebiasaan berolahraga. Maudy menekankan untuk menyiapkan semua perlengkapan olahraga di malam sebelumnya. Istri Jesse Choi ini juga mengingatkan untuk tidak sekadar niat melainkan buat komitmen seperti menulisnya di kalender maupun memo. Jadi, semua kegiatan yang ingin dilakukan buatlah menjadi jelas atau nyata dan tidak sekadar angan-angan.

2. Buat Hal Tersebut Menarik

Ilustrasi Kebiasaan Sehari-Hari
Photo : Unsplash
Ilustrasi Kebiasaan Sehari-Hari

Biasanya semakin menarik sesuatu maka semakin besar kemungkinan akan mengadopsikannya di setiap saat. Di sisi lain, otak manusia melepaskan hormon dopamine yakni hormon bahagia, dengan ini maka seseorang bisa memanfaatkannya sebagai cara membentuk kebiasaan.

Caranya menggabungkan tindakan yang disuka dengan tindakan yang harus dilakukan. Misalkan ketika ingin rutin lari di treadmill maka kamu bisa men-download acara favorit kamu sembari lari-lari kecil di treadmill

3. Dibuat Mudah

Ilustrasi Kebiasaan Sehari-Hari
Photo : Unsplash
Ilustrasi Kebiasaan Sehari-Hari

Sudah menjadi rahasia umum, orang-orang menyukai hal-hal yang lebih mudah untuk dilakukan dan tidak menguras tenaga. Sebab, semakin keras dan sulit akibatnya akan malas dilakukan. Maudy membagikan beberapa tips dan trik untuk mengatasi hal ini, di antaranya:

  • Persiapkan sebelumnya. Sebagai contoh, ketika kamu ingin berhenti menonton TV sepulang kerja maka sebelum berangkat sebaiknya cabut kabelnya. Dengan demikian, rasanya akan lebih malas untuk mencolokkan kabel dibandingkan langsung pegang remote setibanya di rumah.
  • Merubah mindset. Misalkan, menulis memo ‘besok ujian maka belajar’, hal ini bisa diubah menjadi ‘buka buku catatan’. Kata ‘ujian’ cenderung berat diterima karena ada tekanan didalamnya.
  • Action. Dibandingkan mengatakan, ‘Ah nanti yoga 30 menit’ maka bisa diubah dengan menggelar matras tepat di saat ingin beryoga.

4. Membuat Kebiasaan Itu Lebih Memuaskan

Ilustrasi Traveling
Photo : Pixabay
Ilustrasi Traveling

Banyak orang tidak menyadari pentingnya membangun kebiasaan kecil menjadi jangka panjang. Sebagai contoh, ketika kamu ingin mengurangi kulineran maka kamu bisa mengalokasikan uang kamu ke tabungan lain.

Jadi, kamu bisa membuat rekening bank lain yang dikhususkan untuk planning besar seperti pergi ke Korea. Ketika uang untuk kuliner dialokasikan ke tabungan berlibur maka saat melihat uang masuk ke ATM untuk ke Korea akan ada kepuasan tersendiri. 

Maudy menambahkan untuk mengukur kemajuan kebiasaan baru sebaiknya dicatat seperti mencoret kalender. Kebiasaan ini akan membuat seseorang lebih mudah melihat kebiasaan baru. Pasalnya untuk melihat kebiasaan baru cukup sulit terlebih ingin lepas dari kebiasaan buruk.

Nah, itu tadi sederet tips membangun kebiasaan baik jangka panjang ala Maudy Ayunda yang bisa diterapkan untuk sehari-hari. Kebiasaan apa yang ingin kamu ubah? Bisa terapin tips-tips di atas, ya!

Baca Juga: 5 Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja ala Biliuner Dunia

  • Editor: Jean Ayu Karna Asmara
Recommended

4 Momen Maudy Ayunda di KTT G20, Penampilan dengan Kebaya Jadi Sorotan

  • 16 November 2022, 11:21 WIB
Deretan momen Maudy Ayunda di KTT G20 yang diselenggarakan di Bali, tampil menawan dengan kebaya rancangan Didiet Maulana.

Alasan Maudy Ayunda Belum Mau Punya Anak dengan Jesse Choi

  • 11 November 2022, 14:21 WIB
Maudy Ayunda ungkap belum ada rencana untuk memiliki anak dengan Jesse Choi setelah menikah pada Mei 2022.

Curhatan Maudy Ayunda Soal Pernikahan dengan Jesse Choi

  • 07 November 2022, 14:33 WIB
Maudy Ayunda curhat pernikahannya dengan Jesse Choi ke Putri Tanjung, akui sempat khawatir ketika suami pindah ke Indonesia.

Jesse Choi Terkejut Lihat Wajah Maudy Ayunda Ada di Papan Reklame

  • 03 November 2022, 08:59 WIB
Jesse Choi akui terkejut saat pertama kali tiba di Indonesia karena sepanjang jalan melihat wajah Maudy Ayunda di papan reklame.

4 Momen Adik Maudy Ayunda, Amanda Khairunnisa dan Tavan Dutton Menikah

  • 19 September 2022, 12:18 WIB
Momen pernikahan Amanda Khairunnisa dan Tavan Dutton yang digelar pada 18 September 2022, Maudy Ayunda sumbang lagu.

Cerita Jesse Choi Nyaris Meninggal Jelang Nikahi Maudy Ayunda

  • 16 September 2022, 09:45 WIB
Jesse Choi mengungkapkan ia dan kedua orang tua nyaris meninggal jelang pernikahan bersama Maudy Ayunda.
The Latest
Balenciaga

4 Fakta Iklan Terbaru Balenciaga Tuai Kontroversi, Dikecam Bella Hadid

  • 29 November 2022, 11:18 WIB
Teknologi Canggih di Piala Dunia 2022

4 Teknologi Canggih Diterapkan di Piala Dunia 2022 Qatar

  • 28 November 2022, 19:04 WIB
Pertamina Eco RunFest 2022

Pertamina Eco RunFest 2022 Digelar Besok, Diikuti Baim Wong dan Andien

  • 26 November 2022, 17:17 WIB
Ilustrasi kecantikan

8 Manfaat Pemakaian Sunscreen, Bisa Cegah Penuaan Dini pada Wajah

  • 25 November 2022, 07:00 WIB
Mark Zuckerberg

Meta Bantah Mark Zuckerberg Bakal Mengundurkan Diri dari CEO

  • 24 November 2022, 17:22 WIB
INDEKS