Logo
Facebook
lifestyle
4 Fitur Live Audio Room Facebook, Bisa Dapat Uang
Photo: shutterstock

ZIGI – Facebook resmi merilis layanan Live Audio Rooms, yang menyaingi aplikasi Clubhouse. Tapi layanan dengan berbagai fitur menarik ini baru tersedia bagi pengguna Facebook baik pemilik iPhone maupun Andoroid di Amerika Serikat saja.

Live Audio Rooms sendiri adalah layanan yang dapat digunakan pengguna untuk membuat ruang obrolan audio secara virtual. Sebenarnya, kehadiran Live Audio Rooms telah terendus sejak awal tahun 2021. Layanan ini pun menyajikan fitur-fitur menarik. Penasaran apa saja? Yuk simak!

Layanan Podcast

Photo : Situs resmi Facebook

Dilansir dari The Verge, Facebook Live Audio Rooms menyajikan layanan podcast. Layanan podcast ini dapat menggunakan mode PiP (picture-in-picture), dimana penggunanya dapat menikmati podcast sambil membuka aplikasi lainnya dengan berbagai kontrol pemutaran. Jadi pendengar podcast melalui Facebook masih bisa sambil melakukan aktivitas lainnya.

Bahkan saat layar ponsel mati, layanan podcast masih tetap melakukan pemutaran. Facebook juga akan menyimpan konten yang disajikan oleh para konten kreator di server Facebook. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan konten yang disajikan tidak melanggar Standar Komunitas Facebook.

Fitur ini hadir setelah Spotify meluncurkan aplikasi live audio bernama Greenroom. Facebook menyediakan layanan podcast, agar pengguna Facebook tetap setia menemani layanan yang disajikan Facebook dan melihat berbagai potensi dalam iklan yang disajikan dalam podcast.  

Sistem Donasi

Photo : The Verge

Facebook menyajikan layanan donasi untuk penonton yang ingin memberikan apresiasi kepada konten kreator. Penonton dapat memberikan Stars yakni mata uang khusus yang dibeli oleh penonton untuk diberikan kepada konten kreator sebagai bentuk mengapresiasi konten di Live Audio Rooms.

Bagi konten kreator yang mendapatkan stars dari penonton bisa dicairkan ke dalam bentuk uang. Selain itu, penonton yang menyumbangkan stars berkesempatan untuk dipromosikan pada barisan depan atau front row. Penonton yang masuk dalam jajaran barisan khusus pun mendapat keuntungan yaitu mudah dikenali oleh host

Tombol Raise a Hand

Photo : Situs resmi Facebook

Di layanan Live Audio Rooms, juga akan ada fitur raise a hand (angkat tangan) di mana pengguna lainnya bisa meminta bergabung dalam percakapan. Selain itu, terdapat berbagai reaksi yang akan tersedia untuk berinteraksi selama obrolan.

Disajikan pula berbagai fitur menarik lainnya misalnya Facebook memperkenalkan fitur pemberitahuan ketika ada teman atau pengikut yang bergabung ke dalam ruang obrolan. Kemudian terdapat fitur live captions, di mana ketika pembicara sedang berbicara akan tampil transkrip. Fitur live captions ini mirip dengan layanan yang dimiliki Twitter. 

Dapat Menampung 50 Pembicara

Photo : The Verge

Host dapat mengundang pembicara terlebih dahulu atau saat percakapan sedang berlangsung. Live Audio Rooms ini dapat menampung hingga 50 pembicara dan tidak ada batasan jumlah pendengar. Untuk menambah popularitas, Facebook berencana untuk membawa fitur Live Audio Rooms ke dalam grup Facebook. Dengan begitu, memudahkan pengguna untuk mengakses fitur Live Audio Rooms. 

  • Editor: Anabel Yevina

How does this article make you feel?

Recommended
Facebook

Facebook Rilis Game Cloud ke Perangkat Apple

  • 26 Juli 2021, 16:32 WIB
Facebook resmi menghadirkan layanan game cloud terbarunya ke perangkat Apple termasuk iPhone dan iPad lewat aplikasi web.
Ilustrasi

Facebook Perketat Standar Postingan Bernada Sindiran

  • 21 Juni 2021, 12:45 WIB
Facebook sebagai salah satu media sosial yang digunakan masyarakat, memperbarui standar komunitas terkait sindiran.
Dhruv

Fakta Lirik Lagu Double Take - Dhruv dan Terjemahan, Viral di TikTok

  • 30 Juli 2021, 21:31 WIB
Fakta lirik lagu Double Take yang dinyanyikan Dhruv, lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesia. Kini, viral di TikTok.
LiSa dan suzuki tatsuhisa

Suzuki Tatsuhisa Dikabarkan Selingkuhi LiSA, Penyanyi Demon Slayer

  • 30 Juli 2021, 21:30 WIB
Suami LiSA penyanyi lagu Gurenge OST Demon Slayer bernama Suzuki Tatsuhisa dikabarkan berselingkuh.
Voice 4

Link Nonton Streaming Voice 4 Episode 13 Sub Indo

  • 30 Juli 2021, 20:08 WIB
Link nonton streaming drama Voice 4 episode 13 lengkap subtitle Indonesia lewat situs legal. Tayang Jumat, 30 Juli 2021.
Irzan Faiq

Profil dan Biodata Irzan Faiq: Agama, Tanggal Lahir Sampai Pacar

  • 30 Juli 2021, 20:05 WIB
Berikut ini profil dan biodata Irzan Faiq, cowok yang diduga pacar Prilly Latuconsina lengkap dengan agama dan pendidikan.
The Latest
Blackout

Lirik Lagu Selalu Ada - Blackout Band, Wajib Diputar di Tongkrongan

  • 30 Juli 2021, 17:06 WIB
Snapchat

Snapchat Alami Gangguan Log In, Pengguna Protes di Twitter

  • 30 Juli 2021, 15:45 WIB
Riot Games

Riot Games Untung Rp1,1 Triliun dari League of Legends hingga Valorant

  • 29 Juli 2021, 17:38 WIB
Free Fire

Cara Dapat Bundle Rebel Academy Free Fire

  • 29 Juli 2021, 15:36 WIB
iPhone 13

3 Tanda iPhone 13 Bakal Lebih Laris dari iPhone 12

  • 29 Juli 2021, 12:20 WIB
INDEKS