4 Fakta Shoji Morimoto, Pria Jepang Digaji untuk Tak Melakukan Apa-apa - Lifestyle ZIGI.ID
Logo
Shoji Morimoto
lifestyle
Shoji Morimoto
Photo: Instagram @morimoto_shoji
Shoji Morimoto

ZIGI – Shoji Morimoto adalah pria Jepang yang berhasil mengembangkan bisnis untuk tidak melakukan apa pun selain menemani klien. Ia dibayar Rp1 juta per sesi dan berhasil membesarkan anak laki-lakinya dengan pendapat tersebut. Shoji Morimoto adalah sensasi di Jepang karena dianggap mampu menyediakan diri saat klien butuh pendampingan. 

Permintaan atas jasa sewa Shoji Morimoto makin naik sejak pandemi Covid-19. Simak 4 fakta Shoji Morimoto di bawah ini.

Baca juga: 4 Fakta Laverda Salsabila, Pedangdut Metahuman Pertama di Dunia

1. Keluarga Shoji Morimoto

Shoji Morimoto
Photo : Instagram @morimoto_shoji
Shoji Morimoto

Pria 38 tahun ini merupakan alumni Universitas Osaka, jurusan Fisika. Ia telah menikah dan saat ini telah memiliki satu anak laki-laki. Sosok Shoji Morimoto sangat terkenal di Jepang. Ia bahkan beberapa kali diundang ke acara televisi dan berakhir menjadi sensasi sosial media. 

2. Awal Mula Shoji Morimoto Memulai Bisnis Menyewakan Diri Sendiri

Shoji Morimoto
Photo : Instagram @morimoto_shoji
Shoji Morimoto

Dikenal sebagai Rental-san, Shoji Morimoto memulai bisnis ini pada Juni 2018 silam. Saat itu ia membuat cuitan di Twitter @shojimorimoto, “aku membuka jasa sewa diri, sebagai orang yang tidak melakukan apa pun”

Ia lantas menambahkan, ”apakah kamu kesulitan untuk masuk toko? Kamu ingin bertemu pemain dari tim favortimu? Atau kamu butuh seseorang untuk menjaga tempat untukmu? Aku tidak bisa melakukan apa pun kecuali hal-hal mudah.”

Awalnya ia menawarkan jasa secara gratis tapi permintaan selama pandemi Covid-19 membeludak hingga angka 4000 orang. Ia kemudian memberikan harga tiap sesi sewa 10 ribu yen atau sekitar Rp1 juta.

Keputusan untuk menyewakan jasa tidak melakukan apa-apa dimulai ketika banyak orang menyebutnya kurang inisiatif. Shoji misalnya, tak punya semangat kerja hingga akhirnya gonta-ganti profesi. Kemudian pada tahun 2018, dirinya resmi menganggur. Saat itulah Shoji mendapat inspirasi bahwa mungkin, tidak melakukan apa-apa adalah kemampuannya yang utama. 

“Banyak orang berkata aku tidak cukup baik melakukan apa pun, bahkan ada yang menyebut aku tidak pernah berusaha, hal ini jadi sangat rumit untukku. Akhirnya aku mengambil kesempatan menjadikan semua itu sebagai bisnis,” katanya dikutip dari All Thats Interesting pada Rabu, 7 September 2022. 

Shoji punya beberapa kriteria pekerjaan yang diterima, ia misalnya menolak ketika diminta untuk pose telanjang atau membersihkan rumah orang. Ia dikabarkan hanya menerima permintaan tulus, misal menemani minum seseorang yang baru saja bercerai tanpa berkata apa-apa. 

Pekerjaan Shoji sebagian besar berhubungan dengan kebutuhan klien akan kehadiran orang asing, yang tidak akan menghakimi mereka seberat apa pun masalahnya. Shoji pernah diajak oleh klien mengunjungi lokasi tempatnya melakukan percobaan bunuh diri beberapa waktu lalu. 

Permintaan lain yang pernah diterima Shoji adalah menemani klien berobat, memberikan semangat kepada klien saat lomba, hingga mengucapkan selamat tinggal seakan-akan ia adalah sahabat dari klien. Dari profesinya ini, Shoji menyadari bahwa banyark orang yang tidak baik-baik saja meski penampilan fisik mereka tidak menunjukan hal tersebut.

3. Shoji Morimoto Punya Buku Sendiri

  • Editor: Erika Rizqi Rachmani
Recommended

9 Artis Gelar Upacara Tedak Siten, Aurel Hermansyah sampai Raffi Ahmad

  • 27 September 2022, 08:00 WIB
Artis-artis yang menggelar tedak siten lengkap dengan adat Jawa, mulai dari keluarga Aurel Hermansyah hingga Raffi Ahmad.

5 Tips dari Rico Huang agar Jualan di TikTok Shop Makin Cuan

  • 27 September 2022, 07:00 WIB
Rico Huang beberkan tips dan trik dapatkan Rp1 miliar pertama dari konten jualan di TikTok Shop hanya dalam 1 bulan.

Profil dan Biodata Nicholas Calame: Agama, Keturunan, Main Antares 2

  • 26 September 2022, 20:02 WIB
Profil dan biodata Nicholas Calame, aktor pendatang baru disebut gantikan Aiden (Irzan Faiq) di serial Antares season 2.

3 Artis Ikut Tren TikTok Nonton Video Rehan, Anji dan Ariel NOAH Kocak

  • 26 September 2022, 19:02 WIB
Ariel NOAH sampai Anji ikut tren nonton video Rehan 'Begitu sulit lupakan Rehan' dari Intan Lembata yang kini viral di TikTok.

Nonton The Law Cafe Episode 7 Sub Indo, Kim Yu Ri Tabrak Gedung

  • 26 September 2022, 18:00 WIB
Spoiler dan link nonton drama The Law Cafe episode 7 sub Indo tayang 26 September 2022, Kim Yu Ri tabrak sebuah bangunan.

Fakta dan Terjemahan Lirik Lagu Brand New - Xiumin EXO Debut Solo

  • 26 September 2022, 17:02 WIB
Terjemahan lirik lagu Brand New - Xiumin EXO debut solo melalui mini album dengan judul sama pada Senin, 26 September 2022.
The Latest
Westlife konser di Sentul Internation Convention Centre

Viral Video Fans Gagal Dapat Selfie Westlife karena Memori HP Penuh

  • 26 September 2022, 16:14 WIB
Buku Nostradamus

5 Fakta Buku Nostradamus, Berisi Soal Ramalan yang Viral di TikTok

  • 24 September 2022, 12:00 WIB
ilustrasi pemakaian sunscreen

5 Cara Memilih Sunscreen Untuk Kulit Berjerawat dengan Tepat

  • 23 September 2022, 07:00 WIB
Ilustrasi perjalanan wisata ke Segitiga Bermuda

Viral Wisata ke Segitiga Bermuda, Bisa Refund Jika Kapal Hilang

  • 22 September 2022, 19:54 WIB
Ilustrasi hidung mancung

3 Cara Memancungkan Hidung Secara Alami, Tidak Butuh Alat

  • 22 September 2022, 07:00 WIB
INDEKS