ZIGI – Kampanye iklan Balenciaga baru-baru ini memicu kontroversi dari berbagai kalangan. Pasalnya, merek fashion mewah tersebut menampilkan foto anak-anak yang memegang tas tangan berbentuk boneka beruang dengan nuansa perbudakan.
Akibat iklan ini, sederet selebriti ikut mengecam termasuk Kim Kardashian hingga Bella Hadid. Lantas bagaimana awal mula iklan Balenciaga menuai kontroversi? Simak artikelnya di bawah ini ya!
Baca Juga: Gelang Balenciaga Mirip Selang Tabung Gas Dijual Rp9,4 Juta
Awal Mula Iklan Balenciaga Tuai Kontroversi

Kontroversi bermula ketika Balenciaga menerbitkan kampanye yang disebut Balenciaga Gift Shop pada 16 November 2022. Foto-fotonya menampilkan anak-anak yang mencengkeram tas tangan boneka beruang bernuansa BDSM (Bondage and Discipline, Dominance and Submission, Sadism and Masochism).
Di sekeliling bocah tersebut, terdapat beberapa aksesori bertema serupa seperti tali rantai hingga kalung leher anjing. Menurut fotografer Gabriele Galimberti, objek serta anak-anak dan lokasi untuk pemotretan semuanya telah dipilih oleh Balenciaga.
Tak berhenti sampai situ, lima hari kemudian Balenciaga merilis kampanye terpisah untuk koleksi Garde-Robe 2023 dengan menampilkan foto-foto yang menyertakan dokumen tentang undang-undang pornografi anak.
Alhasil, kampanye Balenciaga Gift Shop untuk mempromosikan koleksi Spring/Summer 2023 ini langsung menuai kritikan pedas dari netizen.
Balenciaga Minta Maaf

Pihak Balenciaga akhirnya melayangkan permintaan maaf pada 24 November 2022. Mereka berjanji untuk menghapus semua kampanye tersebut di media sosial mereka. Pihaknya juga meminta maaf karena telah menampilkan dokumen yang meresahkan.
“Kami dengan tulus meminta maaf atas pelanggaran yang mungkin disebabkan oleh kampanye liburan kami. Tas beruang mewah kami seharusnya tidak ditampilkan bersama anak-anak dalam kampanye ini. Kami segera menghapus kampanye tersebut dari semua platform,” kata Balenciaga dikutip Zigi.id dari New York Times pada Selasa, 29 November 2022.
- Editor: Indriane