Logo
Pinjaman Online
lifestyle
4 Cara Melaporkan Pinjaman Online Ilegal yang Tiba-tiba Meneror
Photo: pexels.com

ZIGI – Pinjaman online alias pinjol saat ini tengah menjadi buah bibir di masyarakat. Tidak hanya karena sisi baiknya, namun juga sisi buruknya. Pinjol diketahui dapat memberikan bantuan dana dengan mudah dan cepat karena hanya membutuhkan beberapa persyaratan saja untuk mencairkan sejumlah dana.

Saat ini, terdapat dua jenis pinjol secara perizinan yaitu yang legal dan ilegal. Dalam hal ini, pinjol ilegal sangat meresahkan masyarakat karena sering menuntut tagihan dengan bunga besar kepada orang-orang yang sebenarnya tidak pernah meminjam uang kepada perusahaan pinjaman online tersebut.

Nah, buat kamu khususnya anak muda yang pernah secara tiba-tiba diteror pinjol ilegal, apa saja sih langkah yang sebaiknya kamu lakukan selanjutnya? Jangan panik ya, karena kali Zigi.id bakal berbagi tips langkah yang perlu kamu lakukan saat diteror pinjaman online. Keep scrolling!

1. Lapor ke OJK


Source: Twitter.com/@ojkindonesia

Melansir dari akun Twitter OJK, Sabtu, 26 Juni 2021, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berupaya membasmi pinjol ilegal yang meresahkan masyarakat. OJK membuka laporan dari masyarakat yang mendapat gangguan dari pinjol ilegal melalui nomor 157 atau kirim email ke [email protected]

Kamu juga bisa melapor melalui website resmi OJK di link di sini. Caranya, kamu masuk ke laman OJK, kemudian pilih menu "Kontak Kami", isi form permasalahan, nama identitas/perusahaan, dan jelaskan permasalahan yang kamu hadapi. Agar masalahmu cepat diselesaikan, sertakan sejumlah bukti bahwa kamu tidak pernah melakukan pinjaman online.

2. Lapor ke Satgas Waspada Investasi (SWI)


Source: twitter.com

Pihak yang bersinergi dengan OJK dan juga bisa kamu minta bantuannya adalah Satgas Waspada Investasi (SWI). Kamu bisa melaporkan masalah yang kamu alami, tentu dengan menyertakan bukti yang kuat, melalui email [email protected]

Apabila laporanmu terbukti, pihak SWI akan segera bertindak dengan memblokir platform pinjaman online ilegal yang meneror kamu. Sampai sekarang, sudah ada ribuan platform pinjaman online ilegal yang sudah diblokir SWI dan OJK. Tetap berhati-hati ya guys.

3. Lapor ke Polisi


Source: polri.go.id

Opsi berikutnya yang bisa kamu lakukan bila terjerat pinjaman online ilegal adalah lapor polisi. Kamu bisa mendatangi kantor polisi secara langsung atau bisa menghubungi link berikut atau email [email protected] Karena perkara yang kamu hadapi diurus melalui jalur hukum, jangan lupa ya bukti harus kamu sertakan.

4. Lapor ke Asosiasi Fintech AFPI


Source: The Economics

Sebenarnya, ada yang namanya Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) yang menaungi pinjaman online yang legal. Oleh sebab itu, kalau kamu terjebak pinjol ilegal di mana kamu tidak pernah melakukan pinjaman, kamu juga bisa melaporkannya ke asosiasi ini.

Caranya, masuk ke website di link di sini, kemudian pilih menu "Laporkan Kepada Kami", isi form identitas mulai dari nama, email, nama platform. Selanjutnya jelaskan duduk perkara yang dihadapi beserta dokumen buktinya.

Demikian beberapa cara yang bisa kamu lakukan apabila tanpa diduga kamu mendapat intimidasi dari pinjaman online ilegal. So, tetap berhati-hati dalam menjaga informasi piribadimu, jangan sampai disalahgunakan.

  • Editor: Hadi Mulyono

How does this article make you feel?

Recommended
Ilustrasi

7 Rekomendasi Aplikasi Saham Terbaik Bagi Pemula, Terdaftar OJK

  • 25 Juni 2021, 11:50 WIB
Berikut 7 rekomendasi aplikasi saham bagi pemula, telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan mulai dari Ajaib hingga Stockbit.
Pinjaman Online

3.193 Pinjaman Online Diblokir, Ini Cara Cek Legalitasnya di OJK

  • 22 Juni 2021, 11:59 WIB
Awas tertipu, berikut ini ciri-ciri pinjaman online ilegal dan cara mengecek legalitasnya di OJK.
Pinjaman Online

Resiko Pinjaman Online yang Perlu Kamu Tahu

  • 07 Juni 2021, 16:42 WIB
Resiko ketika kamu telat membayar pinjaman online, mulai dari membayar bunga yang tinggi hingga berpengaruh pada kesehatan mental.
Ilustrasi

7 Aplikasi Pinjaman Online Terdaftar OJK Berbunga Rendah

  • 04 Juni 2021, 19:38 WIB
Berikut tujuh aplikasi layanan pinjaman online dengan bunga yang rendah dan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
Dhruv

Fakta Lirik Lagu Double Take - Dhruv dan Terjemahan, Viral di TikTok

  • 30 Juli 2021, 21:31 WIB
Fakta lirik lagu Double Take yang dinyanyikan Dhruv, lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesia. Kini, viral di TikTok.
LiSa dan suzuki tatsuhisa

Suzuki Tatsuhisa Dikabarkan Selingkuhi LiSA, Penyanyi Demon Slayer

  • 30 Juli 2021, 21:30 WIB
Suami LiSA penyanyi lagu Gurenge OST Demon Slayer bernama Suzuki Tatsuhisa dikabarkan berselingkuh.
The Latest
Blackout

Lirik Lagu Selalu Ada - Blackout Band, Wajib Diputar di Tongkrongan

  • 30 Juli 2021, 17:06 WIB
Snapchat

Snapchat Alami Gangguan Log In, Pengguna Protes di Twitter

  • 30 Juli 2021, 15:45 WIB
Riot Games

Riot Games Untung Rp1,1 Triliun dari League of Legends hingga Valorant

  • 29 Juli 2021, 17:38 WIB
Free Fire

Cara Dapat Bundle Rebel Academy Free Fire

  • 29 Juli 2021, 15:36 WIB
iPhone 13

3 Tanda iPhone 13 Bakal Lebih Laris dari iPhone 12

  • 29 Juli 2021, 12:20 WIB
INDEKS