Logo
studio ghibli
  • Oleh Indriane

  • Selasa, 15 Juni 2021 | 07:30 WIB
lifestyle
10 Lokasi Film Studio Ghibli yang Ada di Dunia Nyata
Photo: Berbagai sumber

ZIGI – Studio Ghibli merupakan sebuah studio film animasi yang berbasis di Tokyo, Jepang yang didirikan oleh Hayao Miyazaki. Rupanya, lokasi yang ditampilkan dalam beberapa film, ada di dunia nyata dan bisa dikunjungi oleh masyarakat.

Hayao Miyazaki membuat film yang terinspirasi dari beberapa tempat indah di Kyushu, Jepang. Misalnya saja film Kiki’s Delivery Service (1989) yang lokasi aslinya ada di Yufuin Floral Village. Penasaran dengan tempat yang lainnya? Yuk simak artikel ini sampai habis!

Totoro Forrest


Sumber foto: tsunagujapan.com

Film animasi berjudul My Neighbor Totoro (1989) menampilkan lokasi hutan Totoro yang memiliki terowongan dari pohon dan dedaunan. Rupanya, tempat tersebut dapat ditemukan di daerah Itoshima Fukuoka yang masuk dalam Taman Keya no Oto. Hutannya sangat mirip dengan yang ada di film sehingga pengunjung akan berpikir bertemu dengan Totoro sambil berjalan di tengah vegetasi yang lebat.

Takaharu Tonari no Totoro Bus Stop 


Sumber foto: mymodernmet.com

Di Halte Bus Takaharu Tonari no Totoro yang terletak di Kamamuta, kamu bisa menunggu bus bersama dengan patung Totoro. Setiap tahun, tak terhitung banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Totoro Takaharu untuk mengambil foto kenang-kenangan sambil memegang payung layaknya di film My Neighbor Totoro. Pengunjung juga bisa menyewa barang-barang khas jika ingin berfoto di tempat tersebut dan dijual pula kartu pos dengan harga 100 yen atau sekitar Rp12 ribu.

Yakushima


Sumber foto: tsunagujapan.com

Hutan Cedar yang tumbuh di pulau terpencil Yakushima adalah salah satu inspirasi terbesar untuk pemandangan alam dunia lain dalam film Princess Mononoke (1997). Lokasi ini adalah rumah bagi beberapa pohon tertua di dunia. Secara khusus, lingkungan mistik Jurang Shiratani Unsuikyo yang dilapisi lumut hijau membuat pengunjung merasa seperti akan bertemu dengan roh dan makhluk yang sama di film Princess Mononoke

Nagabeta Seabed Road


Sumber foto: tsunagujapan.com

Film terlaris studio Ghibli yakni Spirited Away (2001) ternyata terinspirasi dari Nagabeta Seabed Road, Kumamoto. Ketika mengunjunginya, kamu akan teringat dengan adegan Chihiro dan No Face menaiki kereta yang melaju di permukaan laut. Lokasi Studio Ghibli ini akan terlihat saat air surut dan menghilang saat air pasang. Waktu terbaik untuk mengunjungi Nagabeta Seabed Road adalah saat matahari terbenam.

Himegaiyama Cannon Ruins


Sumber foto: tsunagujapan.com

Terletak di Pulau Tsushima, Himegaiyama Cannon Ruins dikatakan sebagai inspirasi untuk film Castle in the Sky (1986). Di lokasi kehidupan nyata, pengunjung akan menemukan bangunan batu bata yang ditinggalkan dimakan oleh alam dan reruntuhan yang terbungkus vegetasi. Awalnya, bangunan ini digunakan untuk tujuan militer. Pulau ini juga memiliki 30 benteng militer yang dibangun dari tahun 1887 hingga 1945.

Laputa Road


Sumber foto: tsunagujapan.com

Jalan berliku di Prefektur Kumamoto ini dikatakan sebagai lokasi kehidupan nyata dari jalan yang mengarah ke kastil terapung Laputa di film Castle in the Sky. Secara resmi dikenal sebagai Jalan 339 atau Jalan Susu karena banyaknya sapi yang dapat dilihat di daerah tersebut. Jalan Laputa terletak di sisi gunung dengan panorama padang rumput yang hidup membentang ke segala arah. Hal ini mengingatkan pada Castle in the Sky karya Studio Ghibli ketika awan menutupi dataran dan jalan seperti mengambang di langit.

Kamishikimi Kumanoimasu Shrine


Sumber foto: tsunagujapan.com

Kuil Kamishikimi Kumanoimasu ada di film Princess Mononoke (1997). Jalan menuju kuil harus melewati tangga kuno yang dihiasi dengan lentera batu dan gerbang torii yang dilapisi lumut. Lokasi ini telah dihormati selama ribuan tahun berkat fitur alamnya yang unik yang membuat penduduk setempat mengidentifikasinya sebagai tempat kekuasaan.

Takeo Shrine


Sumber foto: tsunagujapan.com

Awalnya dibangun pada tahun 735 di kaki Gn. Mifuneyama, Kuil Takeo adalah tempat yang dimaksudkan untuk berdoa bagi perdamaian wilayah tersebut. Kuil ini menampung Pohon Kamper Besar Takeo, pohon suci berusia 3 ribu tahun yang diyakini sebagai tempat tinggal para dewa. Pohon ini memiliki tinggi 27 meter. Tempat ini dijadikan inspirasi untuk film Princess Mononoke.

Sasaguri Forest


Sumber foto: tsunagujapan.com

Terletak di sisi barat Universitas Kyushu, Hutan Sasaguri adalah representasi kehidupan nyata dari film Princess Mononoke garapan Studio Ghibli. Karena jenis pohon ini dapat tumbuh terendam di rawa-rawa, mereka memantulkan warna hijau pada air di sekitarnya sehingga tempat ini mempertahankan aura magis yang sesuai dengan tema Putri Mononoke. Hutan seluas 17 hektar ini dapat dikunjungi melalui beberapa jalur pendakian, tetapi yang paling populer adalah Jalur Sasaguri Kyudai No Mori sepanjang dua kilometer.

Kiki’s Delivery Service


Sumber foto: tsunagujapan.com

Dikutip Zigi.id dari Tsunagu Japan pada Senin, 14 Juni 2021, versi nyata dari toko roti ikonik di film Kiki's Delivery Service (1989) terletak di Yufuin Floral Village. Dikenal juga sebagai area yang indah dengan sumber air panas dan alam sekitarnya. Desa Bunga Yufuin adalah area hiburan dan perbelanjaan yang mengingatkan pada suasana pedesaan Eropa dengan gang-gang kuno yang dihiasi bunga dan bangunan kecil yang terlihat seperti keluar dari negeri dongeng. Tertarik untuk mengunjungi tempat asli yang ada di film Studio Ghibli?

  • Editor: Indriane
Recommended
Museum Ghibli

Museum Ghibli di Jepang Terancam Bangkrut Sampai Buka Donasi

  • 19 Juli 2021, 14:22 WIB
Museum Ghibli terancam bangkrut karena pandemi Covid-19 hingga akhirnya membuka donasi untuk membantu biaya operasionalnya.
Grave of the flies

Kisah Nyata Film Grave of the Fireflies Lengkap Link Nonton

  • 15 Juli 2021, 09:53 WIB
Sinopsis lengkap link nonton film anime Grave of the Fireflies atau Hotaru no Haka yang diproduksi Studio Ghibli.
Wisata Air Terindah di Dunia

8 Wisata Air di Dunia yang Indah dan Tersembunyi

  • 01 Juli 2021, 07:04 WIB
Berikut ini, 8 wisata air di dunia yang sangat indah tapi masih tersembunyi dan relatif tidak diketahui oleh turis.
Anime

7 Lokasi Anime Ada di Dunia Nyata, Demon Slayer Hingga Sailor Moon

  • 21 Juni 2021, 07:00 WIB
Deretan lokasi anime yang ternyata ada di dunia nyata, dari tempat Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba hingga Sailor Moon.
museum

7 Museum Unik di Indonesia, dari Santet Hingga Nyamuk

  • 18 Juni 2021, 07:30 WIB
Deretan museum unik di Indonesia dengan koleksi tak biasa, ada museum santet Surabaya, nyamuk hingga kematian.
Jepang

10 Tempat Serba Anime di Jepang, Ada Museum Gundam

  • 16 Juni 2021, 07:30 WIB
Rekomendasi tempat yang dipenuhi oleh anime di Jepang, bisa membeli pernak-pernik hingga menikmati wahana.
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS