Logo
Ogut muda cuma sekali
  • Oleh Indriane

  • Kamis, 24 Juni 2021 | 15:53 WIB
lifestyle
10 Ide Bisnis untuk Anak Sekolah ala Ogut 'Muda Cuma Sekali'
Photo: Instagram/@mudacumasekali

ZIGI – Aldio Pramudya Gunadi atau yang lebih dikenal dengan nama Ogut Muda Cuma Sekali membeberkan bisnis apa saja yang bisa dijalani oleh anak sekolah. Bercerita pada Felicia Putri Tjiasaka, ide bisnis tersebut berdasarkan pengalaman Ogut selama ini.

Sebagai informasi, Ogut adalah social media marketer dan konten kreator. Ogut memiliki kelas bisnis bernama Muda Cuma Sekali bagi publik yang ingin belajar social media marketing dan menjadi konten kreator.

Di usia 27 tahun, Ogut telah mendapatkan penghasilan Rp100 juta per bulan. Ia mengatakan bahwa sejak sekolah TK (Taman Kanak-kanak), ia telah belajar berbisnis. Apa saja bisnis yang bisa dijalani untuk anak sekolah? Yuk simak artikelnya sampai habis!

1.Jual Mainan


Sumber foto: unsplash.com

Salah satu bisnis yang bisa dijalani anak sekolah adalah menjual mainan. Aldio Pramudya Gunadi atau Ogut Muda Cuma Sekali mencontohkan bahwa kamu bisa mencoba jual kelereng. Caranya, kamu membeli satu bungkus kelereng lalu kamu bagi-bagi lagi menjadi beberapa butir kelereng. Setelah itu, kamu bisa mencoba menjualnya pada teman sekolah.

2.Bisnis Gambar


Sumber foto: unsplash.com

Selain itu, kamu juga bisa menjual gambar. Menurut pengalaman Ogut, ia memiliki satu teman yang jago menggambar. Kamu bisa meminta dia menjadi partner bisnis dan memperjual belikan gambar tersebut pada teman yang lain. Misal, kamu meminta teman yang jago gambar itu untuk membuat gambar kartun dan kamu bayar Rp500. 

Gambar tersebut kamu bisa jual kembali ke teman lain dengan harga Rp2 ribu. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan untung dan bisa menambah bekal sekolahmu.

3.Tempelan Kuku


Sumber foto: unsplash.com

Menghasilkan uang sendiri di bangku Sekolah Dasar (SD) bukanlah hal yang tak mungkin. Ide bisnis dari Ogut selanjutnya adalah bisnis tempelan kuku. Kamu bisa membeli mainan ini di pedagang dan dijual kembali ke siswa perempuan dengan harga yang lebih tinggi dari modal awal.

4.Mainan Sulap


Sumber foto: unsplash.com

Di masa sekolah berbagai mainan pun sering dibeli oleh para siswa. Salah satu yang menarik perhatian mereka adalah mainan sulap yang biasanya mereka pamerkan ke teman lainnya. Ogut mengatakan bahwa jika ingin bisnis mainan sulap, kamu bisa membeli satu mainan tersebut. Setelah itu, tiru cara pembuatannya dan buatlah sendiri mainan tersebut. 

“Ada toko sulap gitu, gue beli satu kartu, lihat rahasianya gimana. Dan ternyata gitu doang, akhirnya gue ke warung, gue beli kartu yang sama dan gue bikin aja. Gue jualin Rp25 ribu,” kata Ogut dikutip Zigi.id dari YouTube Felicia Putri Tjiasaka pada Rabu, 23 Juni 2021.

5.Cokelat

Photo : YouTube/Fun Cooking with Yackikuka

Saat SMP, Ogut menjual cokelat pada teman-teman sekolahnya. Ia membeli cokelat, lalu dilelehkan dan dibuat menjadi makanan seperti cokies and cream. Kamu bisa mencoba bisnis tersebut dengan cara melihat resep di internet.

6.Snack


Sumber foto: unsplash.com

Bisnis selanjutnya adalah jualan snack. Kamu bisa membeli snack ball atau satu bungkus snack yang besar, lalu kamu bungkus ke beberapa plastik kecil. Setelah itu jual pada teman-teman dengan harga yang telah disesuaikan dengan modal.

7.Bisnis Jemputan


Sumber foto: unsplash.com

Ogut mengungkapkan bahwa dirinya kerap dijemput oleh supir saat sekolah. Jika kamu memiliki pengalaman serupa, kamu bisa memulai bisnis jemputan. Caranya, kamu bisa mengajak teman sekolah yang jarak rumahnya dekat denganmu untuk pulang bersama menggunakan mobil. Kamu bisa menagih tarif yang jauh lebih murah dari angkutan umum pada temanmu tersebut.

8.Cuci Sepatu


Sumber foto: unsplash.com

Bisnis selanjutnya adalah cuci sepatu teman sekolah. Kamu bisa membeli beberapa sendal, lalu kamu tawarkan pada teman-teman yang sepatunya ingin dibersihkan. Nantinya, kamu berikan sendal tersebut pada teman dan sepatu mereka akan dibawa olehmu. Setelah itu, kamu mengembalikan sepatu yang sudah bersih dan sendal pun tentu harus kembali padamu.

9.Keripik Kekinian


Sumber foto: unsplash.com

Saat ini banyak produk makanan yang populer. Kamu juga bisa menjadi reseller atau membeli produk tersebut dalam jumlah yang banyak. Setelah itu, kamu tawarkan dan jual kembali pada teman-teman sekolahmu.

10.Jeans


Sumber foto: unsplash.com

Ogut juga berbisnis jeans pada teman-temannya. Caranya, Ogut menyetok jeans dari teman yang memiliki konveksi. Lalu ia tawarkan jeans tersebut pada teman-temannya. Nanti setelah laku, Ogut bisa memberikan uang penjualan pada konveksi tersebut.

Demikian 10 ide bisnis untuk anak sekolah. Aldio Pramudya Gunadi atau Ogut Muda Cuma Sekali mengatakan bahwa dirinya memiliki modal dari hasil menabung uang yang ia miliki. Gimana tertarik mulai bisnis di usia muda?

  • Editor: Indriane

How does this article make you feel?

Recommended
Airyn tanu

Kisah Airyn Tanu Pengusaha Berlian, Kakaknya Lahir di Kandang Ayam

  • 19 Juli 2021, 18:56 WIB
Kisah Airyn Tanu mengaku berasal dari keluarga susah kini sukses di bisnis berlian dengan nama Passion Jewelry.
Kylie jenner

5 Trik Kylie Jenner Promosikan Produk Lewat Sosial Media

  • 16 Juli 2021, 16:26 WIB
Berikut sejumlah trik yang dilakukan Kylie Jenner, untuk mempromosikan Kylie Cosmetics melalui media sosial.
Hendy Setiono

Kisah Sukses Hendy Setiono Pemilik Baba Rafi Enterprise

  • 15 Juli 2021, 18:38 WIB
Kisah sukses Hendy Setiono berawal dari jualan kebab Baba Rafi kini buka bisnis makanan dan minuman bersama berbagai publik figur.
Felicya Angelista

Kisah Sukses Felicya Angelista Membangun Bisnis Scarlet Whitening

  • 07 Juli 2021, 21:19 WIB
Felicya Angelista membangun bisnis beauty care, Scarlett Whitening bermula dari pertanyaan tentang produk yang dipakainya.
Bisnis Ternak

10 Ide Bisnis Ternak yang Menguntungkan untuk Anak Muda

  • 24 Juni 2021, 13:31 WIB
Ternak ayam hingga ternak lele, ide bisnis yang menguntungkan patut dicoba anak muda.
Ilustrasi

5 Tips Membangun Relasi di Lingkungan Bisnis

  • 10 Juni 2021, 11:03 WIB
Berikut lima tips membangun relasi di lingkungan bisnis, untuk mengembangkan bisnis yang dijalankan.
The Latest
Blackout

Lirik Lagu Selalu Ada - Blackout Band, Wajib Diputar di Tongkrongan

  • 30 Juli 2021, 17:06 WIB
Snapchat

Snapchat Alami Gangguan Log In, Pengguna Protes di Twitter

  • 30 Juli 2021, 15:45 WIB
Riot Games

Riot Games Untung Rp1,1 Triliun dari League of Legends hingga Valorant

  • 29 Juli 2021, 17:38 WIB
Free Fire

Cara Dapat Bundle Rebel Academy Free Fire

  • 29 Juli 2021, 15:36 WIB
iPhone 13

3 Tanda iPhone 13 Bakal Lebih Laris dari iPhone 12

  • 29 Juli 2021, 12:20 WIB
INDEKS