Logo
Bisnis Ternak
lifestyle
10 Ide Bisnis Ternak yang Menguntungkan untuk Anak Muda
Photo: pexels.com

ZIGI – Bisnis ternak menjadi salah satu alternatif pekerjaan di era pandemi seperti sekarang ini. Kita tahu, adanya pandemi membuat banyak orang sulit mencari pekerjaan atau bahkan kehilangan pekerjaan yang membuatnya harus berpikir keras untuk keluar dari masalah keuangan.

Mencoba ide bisnis ternak yang menguntungkan buat kalangan anak muda tentu tidak ada salahnya. Sebab, usaha peternakan selalu memiliki prospek ke depan yang bisa dikerjakan sampai usia tua karena produk-poroduknya menjadi kebutuhan konsumen sehari-hari.

Buat kamu anak muda yang ingin mencoba usaha di bidang peternakan, kali ini Zigi.id bakal ngasih tahu ke kalian semua ternak apa saja yang menguntungkan. Pastinya kamu bisa menganalisa terlebih dahulu ternak apa saja yang sesuai dengan kemampuan dan sekiranya bisa kamu maksimalkan. 

1. Ternak Ikan Hias

Photo : pexels.com

Ide bisnis ternak yang pertama kita mulai dari ternak ikan hias. Ya, peminat ikan hias di Indonesia sangat banyak sehingga bisnis ini berpeluang besar untuk mendatangkan banyak keuntungan.

Tetapi sebelumnya, kamu mesti memiliki tekad kuat, ulet, dan tekun saat ingin mencoba ternak ikan hias. Sebab, ikan hias membutuhkan perawatan ekstra yang terkadang jika tidak cermat bisa saja ikannya sakit bahkan sampai mati.

Jenis ikan hias yang bisa kamu ternak antara lain ikan mas koi, ikan oscar, ikan arwana, dan masih banyak lagi. Nantinya ikan-ikan ini bisa kamu pasarkan ke seluruh Indonesia atau bahkan di ekspor terlebih jika kamu mau memanfaatkan internet.

2. Ternak Burung


Source: pexels.com

Jangan kaget kalau kamu mendengar satu ekor burung harganya mencapai puluhan juta karena saat ini pecinta burung akan rela merogoh kocek sangat dalam demi membeli peliharaan incarannya. Dari sini kita bisa melihat peluang menghasilkan uang yang besar dari mencoba bisnis ternak burung.

Salah satu burung yang cukup populer untuk dibudidayakan adalah love bird yang memang tidak kuat hidup di alam bebas Indonesia. Oleh sebab itulah burung berwarna cantik ini sangat digemari masyarakat Indonesia.

3. Ternak Ayam


Source: pexels.com

Bisa dikatakan, ayam saat ini menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat untuk dikonsumsi mulai dari telurnya serta dagingnya. Kebutuhan telur dan daging ayam di masyarakat sangat besar sehingga bisnis ternak ayam sangat menjanjikan saat ini.

Ayam yang bisa kamu budidayakan antara lain ayam bangkok, ayam kampung, ayam broiler, ayam petelur, ayam bekisar, ayam cemani dan masih banyak lagi. Agar bisa maksimal dalam beternak ayam, kamu mesti lebih dalam mengupas hal-hal apa saja yang dibutuhkan ketika beternak ayam karena setiap jenis ayam punya cara treatment yang berbeda.

4. Ternak Bebek


Source: pexels.com

Masih seputar unggas, ide ternak bebek juga boleh dicoba buat kalangan anak muda. Dengan modal yang relatif kecil, kamu bisa memulai beternak bebek dengan hasil yang cukup lumayan menjanjikan. Apalagi sebagaimana halnya ayam, permintaan telur bebek dan dagingnya juga termasuk tinggi di masyarakat. 

5. Ternak Kelinci


Source: pexels.com

Ide bisnis ternak selanjutnya adalah beternak kelinci. Binatang mungil yang lucu dan suka makan wortel ini dikenal mudah dibudidayakan dengan hasil yang menguntungkan.

Selain dagingnya yang bisa dimanfaatkan, kamu juga bisa memanfaatkan air kencing kelinci serta rumput sisa makanannya untuk digunakan sebagai pupuk. Kelinci juga dikenal sebagai salah satu hewan ternak paling menguntungkan dalam waktu yang relatif singkat.

6. Ternak Kambing


Source: pexels.com

Kebutuhan pasar yang tinggi jelas menjadi salah satu alasan mengapa bisnis ternak kambing sangat direkomendasikan buat kalangan anak muda. Satu kambing bisa bernilai jutaan rupiah lho.

Kelebihan dari beternak kambing lumayan banyak antara lain pupuk yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian dan kambing mudah untuk berkembang biak. Bisa jadi saat kamu memulai beternak kambing hanya dengan dua ekor (jantan dan betina) beberapa waktu kemudian bisa bertambah jadi lima ekor.

Akan tetapi, kamu perlu mempersiapkan tenaga lebih karena kambing perlu rumput yang harus kamu sediakan.

7. Ternak Sapi


Source: pexels.com

Meski modalnya tidak sedikit, hasil beternak sapi biasanya lebih besar dari pada ternak hewan lainnya. Satu ekor sapi biasanya dihargai mulai belasan hingga puluhan juta rupiah.

Di Tanah Air, umumnya sapi dimanfaatkan dagingnya, susunya dan kulitnya. Oleh sebab itulah ternak sapi termasuk potensial karena sudah menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hari.

8. Ternak Ikan Nila


Source: twitter.com

Buat kamu yang punya lahan dan ketersediaan air cukup melimpah, tidak ada salahnya apabila mencoba bisnis ikan nila. Bisnis ikan air tawar ini termasuk menjanjikan di Indonesia karena ikan ini tergolong favorit di masyarakat.

9. Ternak Burung Puyuh


Source: nakeneka

Burung puyuh merupakan jenis unggas kecil yang sangat digemari daging dan telurnya oleh masyarakat Indonesia. Bisnis burung puyuh termasuk menguntungkan karena pertumbuhannya cepat dan produktifitas telurnya cukup tinggi.

Diketahui, telur dan daging burung puyuh kaya akan manfaat karena mengandung banyak vitamin, asam amino esensial, asam lemak tak jenuh, dan fosfolipid.

10. Ternak Lele


Source: pixabay.com

Ide bisnis ternak yang sudah tidak asing lagi adalah ternak lele. Ikan air tawar yang satu ini sangat direkomendasikan buat kamu coba karena kebutuhan pasar yang cukup tinggi di Indonesia.

Ikan lele digemari masyarakat karena rasanya yang gurih dan kaya akan manfaat. Selain itu, budidaya lele juga cukup mudah karena ikan air tawar yang satu ini terkenal kuat terhadap iklim dan cuaca di Indonesia.

Sampai di sini, itulah sepuluh ide bisnis ternak yang menguntungkan bagi anak muda dan patut untuk dicoba. Pilihlah peternakan yang cocok sesuai kemampuanmu ya. Semangat!

  • Editor: Hadi Mulyono
Recommended
Airyn tanu

Kisah Airyn Tanu Pengusaha Berlian, Kakaknya Lahir di Kandang Ayam

  • 19 Juli 2021, 18:56 WIB
Kisah Airyn Tanu mengaku berasal dari keluarga susah kini sukses di bisnis berlian dengan nama Passion Jewelry.
Kylie jenner

5 Trik Kylie Jenner Promosikan Produk Lewat Sosial Media

  • 16 Juli 2021, 16:26 WIB
Berikut sejumlah trik yang dilakukan Kylie Jenner, untuk mempromosikan Kylie Cosmetics melalui media sosial.
Hendy Setiono

Kisah Sukses Hendy Setiono Pemilik Baba Rafi Enterprise

  • 15 Juli 2021, 18:38 WIB
Kisah sukses Hendy Setiono berawal dari jualan kebab Baba Rafi kini buka bisnis makanan dan minuman bersama berbagai publik figur.
Felicya Angelista

Kisah Sukses Felicya Angelista Membangun Bisnis Scarlet Whitening

  • 07 Juli 2021, 21:19 WIB
Felicya Angelista membangun bisnis beauty care, Scarlett Whitening bermula dari pertanyaan tentang produk yang dipakainya.
Ogut muda cuma sekali

10 Ide Bisnis untuk Anak Sekolah ala Ogut 'Muda Cuma Sekali'

  • 24 Juni 2021, 15:53 WIB
Rekomendasi ide bisnis yang bisa dicoba untuk anak sekolah berdasarkan pengalaman Ogut 'Muda Cuma Sekali'.
Ilustrasi

5 Tips Membangun Relasi di Lingkungan Bisnis

  • 10 Juni 2021, 11:03 WIB
Berikut lima tips membangun relasi di lingkungan bisnis, untuk mengembangkan bisnis yang dijalankan.
The Latest
Es Gabus

Cara Bikin Es Gabus Pelangi ala Jessica Jane

  • 24 Juli 2021, 12:27 WIB
Pevita dan iqbaal

Iqbaal Ramadhan dan Pevita Pearce Bicara Investasi

  • 24 Juli 2021, 10:50 WIB
Ilustrasi

5 Cara Cek Plagiarisme Online Gratis

  • 23 Juli 2021, 19:28 WIB
Google Doodle

7 Mini Games Google Doodle Hari ini, Sambut Olimpiade Tokyo 2020

  • 23 Juli 2021, 12:22 WIB
Genshin Impact

Cara Mendapat 'Aloy' Karakter Baru Genshin Impact

  • 23 Juli 2021, 09:37 WIB
INDEKS